IMG_4668

HW Jabar Siap Siaga Bencana

Cianjur – Dalam meningkatkan kesiapsiagaan terhadap Bencana Hizbul Wathan Se-Jawa Barat Mengikuti Pelatihan yang diadakan oleh MDMC untuk meningkatkan kapasitas keilmuan kebencanaan dengan panduan Manajemen Posko Lapangan Tanggap Darurat Kebencanaan Bertempat di Islamic Center Muhammadiyah Cipanas-Cianjur. Kegiatan tersebut di selenggarakan pada 16-18/9/2016, dengan peserta 150 orang termasuk nya perwakilan Hizbul Wathan yang ikut antara lain dari Kwarda Cirebon, SMA Muhammadiyah Cipanas dan Islamic Center Muhammadiyah Cipanas-Cianjur.
Asep menyampaikan dalam sambutan nya bahwa kita tidak menantang bencana tapi paling tidak “meminimalisir korban”, paling tidak kita dapat “mengurangi resiko bencana”. Dengan adanya pelatihan ini nantinya relawan khusunya di Cianjur dapat bekerjasama dengan BPBD.
Diklat akan diisi dengan berbagai kegiatan penyampaian berupa materi tentang penanganan bencana. Diantaranya, materi psikososial disampaikan oleh Deky Pebriansyah K, manajemen posko disampaikan oleh Mas Indrayanto, PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat) oleh Iyep Dede S., dapur umum oleh Mbk Sarniyah, dan Komunikasi oleh Rizal Ismail.
Dari Hizbul Wathan sangat antusias sekali dalam pelatihan ini untuk meningkatkan kesiap siagaan terhadap bencana di Jawa Barat. (Dwi)