Informasi Pelatihan Jaya Matahari 1 Tahun 2017

Jaya Matahari I merupakan salah satu Pelatihan bagi Pelatih Qabilah yang sudah berpredikat ahli pandu Athfal, Pengenal, Penghela/Penuntun. Sebagai Pelatih, diharapkan memiliki kekayaan pengetahuan teknik kepanduan (scouting technic) maupun keterampilan kepanduan (scouting skill-handcarft scout), di samping pengalaman memimpin anggota didik.

Seorang pelatih yang tidak berpengalaman memimpin anggota didik, akan mengalami hambatan dalam menyampaikan materi, terutama dalam hal praktik penghayatan lapangan. Oleh karena itu pelatihan ini bertujuan menyiapkan dan meningkatkan kualitas maupun kuantitas Pelatih, yang mampu mencetak Pelatih Qabilah serta anggota dewasa melalui pelatihan-pelatihan secara berdaya guna dan tepat guna.

Kepada Kwartir Wilayah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan di seluruh Indonesia, agar segera mendata dan mendaftarkan peserta yang berhak mengikuti Pelatihan Jaya Matahari I.

Pelatihan Jaya Matahari I akan diselenggarakan pada tanggal 1 – 8 Juli 2017 di Gedung Pertemuan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Jalan Kaliurang KM 23, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun ketentuan peserta dibagi menjadi dua (2) tahap. Pertama pemberkasan, kedua undangan. Adapun persyaratan tahap awal peserta sebagai berikut:

  1. Memiliki sertifikat Jaya Melati II disertai dengan laporan pengembangan atau ijazah Ahli Pandu;
  2. Memiliki ijazah KPD bagi Pramuka yang ingin mengabdi di Persyarikatan Muhammadiyah dan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan;
  3. Sanggup membayar SWP Rp 1.500.000 dan SWO Rp 250.000 per Daerah;
  4. Usia minimal 27 tahun;
  5. Berkas berupa fotocopy: KTP, sertifikat Jaya Melati II dan laporan pengembangan atau ijazah Ahli Pandu, serta ijazah KPD bagi Pramuka, dikirim ke email: kwartirpusathw@ymail.com, dan konfirmasi ke WA 081322101618;
  6. Paling lambat berkas tersebut kami terima tanggal 18 Mei 2017.
  7. Bagi peserta yang lolos pada tahap awal, akan kami kirim undangan dan perlengkapan administrasi lainnya.

Demikian, atas perhatian Ramanda Ibunda, kami ucapkan terima kasih.

Nasrun minallahi wa fathun qarib, Fastabiqul Khairaat