istimewa

KWARTIR DAERAH GERAKAN KEPANDUAN HIZBUL WATHAN SUKABUMI MENYELENGGARAKAN PELATIHAN JAYA MELATI I ANGKATAN KE-2

Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kwartir Daerah Sukabumi semakin menunjukkan eksistensinya melalui kegiatan Pelatihan Jaya Melati I Angkatan Kedua Sukabumi, yang dilaksanakan dalam 2 sesi kegiatan yaitu Sesi Indoor berlokasi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Cipetir Kecamatan Kadudampit pada tanggal 1-3 Muharram 1439 H bertepatan dengan 21-23 September 2017, dan Sesi Outdoor berlokasi di Bumi Perkemahan D’Flinstone PDPM Sukabumi Gunung Jaya Cisaat pada tanggal 16-18 Muharram 1439 H bertepatan dengan 6-8 Oktober 2017.

Pelatihan ini mengambil tema “Pembentukan Karakter Pelatih dan Pembina Hizbul Wathan yang Memiliki Integritas terhadap Organisasi, Ummat dan Bangsa”. Ada 36 orang peserta yang mengikuti pelatihan, berasal dari 10 AUM dan 2 AUA Sukabumi, 4 AUM Bekasi, 1 Kwarda Bogor Kota dan 4 AUM Cileungsi. Setelah melalui serangkaian kegiatan pelatihan, terjadi seleksi menghasilkan 91,67% peserta yang berhasil lolos tahapan indoor dan outdoor. Dengan demikian ada 33 orang peserta Jati I yang akan melaksanakan Rencana Tindak Lanjut (RTL) selama 3-6 bulan ke depan di Qobilah/Cabang/Daerah masing-masing. Peserta Terbaik dari Jati I ini terpilihlah Ramanda Hendrik Kurnia dari SMPM 3 Cipetir dan Bunda Demi Damayanti dari SD Muhammadiyah 1 Sukaraja. Semoga nanti terbentuk pelatih dan pembina yang benar-benar memiliki integritas terhadap organisasi, ummat dan bangsa.

Tim Pelatih Jati I yang ditugaskan Kwarpus memberikan materi terdiri dari Ramanda Weng Dermawan Riyanto, Ramanda Muhsinun, Ramanda Asep DI, Ramanda Agus Sumri dan Ramanda Imran Fauzan Noor. Juga diasisteni oleh Ramanda Tutut Haryadi dan Ramanda Richardo Hatta. Antusiasme peserta sudah terlihat sejak hari pertama pelatihan, apalagi pas  hari pertama pun dimeriahkan dengan atraksi Drumband Gempita Bahana Surya yang berasal dari Qabilah Oeben Mudrikah dan Qabilah Jujun Juariah SD Muhammadiyah 1 Sukaraja Sukabumi yang dimanajeri oleh Ramanda Dion. Tim Pelatih Jati I pun sangat mahir dalam memberikan materi yang menarik, atraktif, menyenangkan bagi semua peserta. Inilah yang menjadi alasan sehingga pelatih dan peserta saling memberikan kesan yang baik dalam pelatihan ini.

Dalam momentum ini pun telah dilaksanakan silaturahim Kwarpus, Kwarwil HW Jabar dan Kwarda HW Sukabumi dengan PCM Cipetir pada hari kedua pelatihan, Jum’at pada 22 September 2017 yang menghasilkan komitmen dari PCM setempat untuk mendukung kebangkitan kembali HW diawali dari Cipetir seperti awal mula adanya Muhammadiyah pertama kali di Sukabumi berkembang dari Cipetir yang saat itu dipimpin oleh Almarhum Haji Dahlan. “HW harus berkembang di basis Muhammadiyah, bukan lagi Pramuka”, ujar Ramanda Tamam Ketua PCM Cipetir dengan antusias.

Pelatihan Jaya Melati I Angkatan Kedua Sukabumi 2017 dibuka oleh PDM Sukabumi yang diwakili oleh Ramanda Endang Sumitra (Wakil Ketua Bidang Dikdasmen dan MPK PDM Sukabumi), dihadiri oleh PDA Kabupaten Sukabumi, PDA Kota Sukabumi, PDPM Sukabumi, PDNA Kabupaten Sukabumi, PDIPM Sukabumi dan PDTSPM Sukabumi. Ramanda Endang Sumitra mewakili PDM Sukabumi sangat mengapresiasi kegiatan Jati I ini yang dilaksanakan di lokasi basis Muhammadiyah tapi juga selama ini jadi basis Gerakan Pramuka. “PDM Sukabumi ke depannya akan mencanangkan berseragam wajib HW pada hari tertentu bagi seluruh Pengurus  Muhammadiyah dan AUM Sukabumi”, ujar Ramanda Endang Sumitra. Ketua Kwarwil HW Jabar, Ramanda Asep yang dikenal dengan panggilan Abah pun berharap agar dapat dilaksanakan ke depannya Pelatihan Jaya Melati II di Sukabumi. Abah memberikan apresiasi kepada Kwarda HW Sukabumi yang sudah mau bekerja mengembangkan HW sejak bangkit kembali di tahun 2013 hingga sekarang Sukabumi. Kesan pesan dari para peserta Jati I ini ditanggapi positif oleh Tim Pelatih. “Ke depannya agar diadakan forum silaturahim peserta Jati I ini untuk sharing pengalaman demi memajukan HW”, demikian Ramanda Muhsinun dari Tim Pelatih Jati.(Yhanda Koradz)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *