Menyongsong 1 Abad HW 2018, Ramanda Uun: “Sikap Pandu terhadap Keajaiban Unta”

Unta (Camel) adalah binatang berkuku belah, berleher panjang, dan punggungnya berbonggol (punuk, kelasa). Unta berfungsi sebagai alat transfortasi dan pengangkut. Hidup di tanah gersang seperti  Tanah Arab dan Afrika Utara. (KBBI)

Tuntunan Allah

Manusia (terutama yang beriman kepada Allah dan Al-Quran), dituntun supaya memperhatikan unta, sebagai salah satu binatang yang diciptakan Allah untuk kepentingan manusia, agar manusia tidak semena-mena memperlakukan unta dan binatang lainnya. Ingatlah sindirian Allah dalam Al-Quran Surat Al-Ghasiyah (88) ayat 17; yang artinya,” Apakah mereka tidak memperhatikan unta, bagaimaa dia diciptakan?”. Unta masih menjadi misteri. Mengapa unta memiliki kemampuan menahan haus untuk waktu lama, bertahan dalam perjalanan jauh d padang pasir yang gersang, sehingga timbul pertanyaan pada para ilmuwan sebagai berikut:

  1. Apakah faktor penyebabnya?
  2. Apakah tubuh unta hanya membutuhkan sedikit air?
  3. Apakah unta menyimpan air dalam selnya untuk mengantisipasi kekurangan air di kemudian hari
  4. Atau, apakah tubuhnya mampu memproduksi air ketika dibutuhkan؟

Pertanyaan tersebut diungkapkan oleh para pakar di bidang fisiologi dan biologi (Barat), sehingga mereka menemukan jawaban yang mengagumkan tentang kejaiban unta. (Muhammad Kamil Abdushshamad, Mukjizat Ilmiah dalam Al-Quran)

Inilah Keajaiban Unta

  1. Unta memiliki kemampuan untuk memproduksi air dari lemak yang terdapat di dalam punuknya (kelasa, bonggol), melalui suatu proses kimia yang tidak dapat ditandingi oleh industri mana pun di dunia ini. Inilah kekuasaan Allah atas ciptaannya yang tak tertandingi oleh manusia.
  1. Para pakar fisiologi dan kimia berpendapat bahwa bahan baku yang paling baik dan mudah didapatkan untuk membuat air adalah lemak dan karbohidrat. Alasannya, kqrena dari proses pembakaran kedua zat ini tidak dihasilkan zat-zat lain, kecuali air, CO2 (gas karbondioksida yang dikeluarkan dalam proses respirasi) serta energi dalam jumlah besar yang digunakan tubuh unta untuk melakukan berbagai aktivitasnya.
  1. Cadangan lemak unta disimpan oleh Allah pada punuknya, akibatnya suhu tubuh unta tetap stabil dan terhindar dari dehidrasi katena keluanya keringat secara berlebihan. Di sisi lain unta pun dapat menjaga kestabilan jumlah cairan di dalam tubuhhya. Lain halnya dengan manusia yang menyimpan cadangan lemaknya di bawah kulit, yang mengakibatkan suhu tubuh cepat meningkat drastis.
  1. Jumlah cadangan lemak pada unta melebihi cadangan lemak pada hewan-hewan lainnya. Sebagai bandingan, kharouf (sejenis domba dengan ekor berukuran besar) menyimpan cadangan lemak di ekornya seberat 11 kg.[i] Sedangkan unta menyimpan sekita 120 kg  lemak di punuknya, atau 10 kali jumlah cadangan lemak kharouf. Dengan cadangan lemak sebanyak inu unta dapat bertahan tanpa air (minum) selama satu setengah bulan.

Fakta Ilmiah tentang Unta

Ilmu pengetahuan modern menemukan kelebihan unta dibandingkan dengan hewan-hewan lainnya dalam hal kemampuan menjaga kestabilan suhu tubuhnya. Fakta ilmiah menunjukkan ciri-cirinya sebagai berikut:

  1. Unta termasuk hewan berdarah hangat.
  2. Ketika suhu udara dingin pembuluh-pembuluh yang terdapat dalam kulitnya berkontraksi dengan menciut sehingga kulitnya menjadi dingin.
  3. Dalam kondisi seperti ini (no.2) kulit unta berfungsi sebagai isolator agar hawa panas dalam tubuh tidak keluar, sehingga terhindar turunnya suhu di dalam tubuh unta.
  4. Jika setelah itu ia tetap kedinginan, maka tubuhhya akan menggigil hingga suhu tubuhnya kembali hangat.
  5. Unta memiliki daya tahan tubuh dan kemampuan adaptasi yang sangat tinggi terhadap perubahan suhu yang ekstrem, seperti di lingkungan padang pasir Akibatnya unta mampu mengadaptasi perubahan suhunyang drastis yang terjadindi dalam tubuhnya.
  6. Pada siang hari tubuh unta mengatisipasi tempetatur udara yangb cenderung panas dengan meningkatkan suhu tubuhnya hingga bmencapai 40,5 derajat celsius. Sedangkan ketika cuaca dingin, unta mengantisipasinya dengan mentransfer panas tubuhnya ke luar.
  7. Tubuh unta dapat bertahan terhadap perubahan suhu yang berkisar antara 39 hingga 40,5 derajat celsius.
  8. Masih banyak misteri dslam tubuh unta sampai saat ini yang belum diungkapkan oleh ilmu pengetahuan modern.

Sikap Pandu:

  1. Selalu ingat akan kebesaran Allah sebagai Maha Pencipta.
  2. Selalu berfikir tentang kejadian makhluk Allah yang beraneka ragam
  3. Ucapan orang beriman adalah, “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, dan jauhkanlah kami dari siksa neraka!” Q.S.Ali Imran (3): 191
  4. Tampak kerusakan di darat dan di laut, karena perbuatan tangan (kekuasaan) manusia. Q.S.Ar-Rum (30): 41
  5. Bahan renungan

Alam Semesta

Alam semesta diciptakan Tuhan

‘Tuk kita pikirkan siang dan malam

‘Gar kita tidak ketinggalan zaman

Oleh kaum yang tiada beriman 

Sumber Bacaan

  1. Al_Quran dan Terjemahnya, Departemen Agama RI, Jakarta, 1971
  2. Ayat-Ayat Semesta, Sisi-Sisi Al-Quran yang Terlupakan, Agus Purwanto, D.Sc., Mizan, Bandung, 2008
  3. Mukjizat Ilmiah dalm Al-Qur’an, Muhammad Kamil Abdushshamad, Alimin, Lc, M.Ag, dkk.(pen), Akbar, Jakarta, 2002

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *