Pertama Kali Secara Nasional, Kwartir Pusat HW Menyelenggarakan Napak Tilas Panglima Besar Jenderal Soedirman sebagai Pandu Hizbul Wathan

0
1

Tahun 2018 ini Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan memasuki usia 100 tahun. Pernyataan dan ungkapan syukur kepada Allah Swt yang telah meridhoi Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan dengan seluruh anggota dan pemangku kepentingan dapat beraktifitas untuk dapat mengabdikan dirinya kepada pendidikan karakter ummat, Persyarekatan Muhammadiyah khususnya kepada anak bangsa yang berjati diri sebagai Muslim yang berakar dari Al Qur’an, As-Sunah dan Pancasila melakukan pengabdiannya kepada Ummat, Persyarekatan Muhammadiyah Bangsa dan Negara Republik Indonesia.

Bagi Pandu Hizbul Wathan hal ini merupakan kebahagiaan yang sangat besar sehingga mampu mendorong dan mengembangkan tekad, untuk menjadikan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan sebagai suatu organisasi pendidikan luar sekolah yang berdaya guna besar mengembangkan karakter religius dan nasionalis bagi anak muda bangsa Indonesia.

Seratus tahun yang lalu sejarah telah menorehkan landasan yang kokoh atas keberadaan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan. Sekarang ketika organisasi ini berusia 100 tahun maka landasannya semakin kokoh walau sempat meniadakan kegiatannya mulai tahun 1961 – 1998, Namun tidak menyurutkan perjuangan bagi Kepanduan Hizbul Wathan sebagai pandu yang berakar dari pandu muslim yang berkarakter Nasional.

Pada Peringatan 100 tahun ini perlu ada satu momen/aktifitas yang mendasar dan mampu menampung aspirasi, dengan memberikan pencerahan tentang Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan. Menyelenggarakan berbagai kegiatan kepanduan Hizbul Wathan sesuai dengan kemampuan wilayah maupun daerah. Inovasi untuk mengembangkan ide dan gagasan yang dituangkan secara aplikatif untuk pemberdayaan masyarakat. Apresiasi yang menghargai dan menghormati kerja sungguh-sungguh segenap potensi pemangku kepentingan organisasi Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan. Semua itu akan mengetuk segenap ummat dan masyarakat Indonesia untuk mampu menyulam persatuan dan kesatuan seluruh wilayah Indonesia. Hal itu yang mendorong dilakukan kegiatan NAPAK TILAS PANGLIMA BESAR JENDRAL SUDIRMAN SEBAGAI PANDU HIZBUL WATHAN.

Kegiatan Estafet Napak Tilas dan perjalanan Panji- Panji Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan serta Kata Kata Mutiara Jendral Sudirman yang menjadikan motivasi kita untuk teta istiqomah di Kepanduan Hizbul Wathan, Napak Tilas tersebut akan menyusuri perjalan perjuangan Jendral Sudirman saat beliau menjadi pandu HW dari Cilacap sampai dengan Lapangan Batur Banjarnegara.

Maksud: Napak Tilas ini diselenggarakan untuk lebih memasyarakatkan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan sebagai wadah pendidikan generasi muda, sebagai penerus perjuangan ummat dan bangsa

Tujuan kegiatan Napak Tilas ini, antara lain :

  1. Meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah subhanahu wa ta’ala
  2. Meningkatkan potensi: spiritual, mental, emosional, fisik dan sosial anggota Pandu Hizbul Wathan melalui aktivitas, pengetahuan, keterampilan, teknologi, seni, budaya, olahraga dan lainnya.
  3. Meningkatkan dan memantapkan perasaan dan semangat, persaudaraan persatuan, kesatuan, secara internal pada jajaran Pandu Hizbul Wathan dan secara umum menyatu erat di masyarakat.
  4. Melakukan secara nyata, perwujudan Janji dan Undang undang Pandu Hizbul Wathan.
  5. Mengokohkan silaturahmi antara pandu HW se Indonesia.
  • Tema dan Motto

Tema  : “Pandu Hizbul Wathan Mengabdi Pada Ilahi Berbakti untuk Indonesia yang Berkemajuan”

Motto : Fastabiqul Khairaat

Pasukan Inti

  1. Rombongan Inti berasal dari Pasukan Pengenal, Kerabat Penghela se-Karesidenan Banyumas, Kerabat dan Kafilah AK Ansori (Universitas Muhammadiyah Purwokerto), Kafilah STIEM Cilacap dan Kafilah STIKES Muhammadiyah Gombong.
  2. Setiap kelompok rombongan inti berjumlah 17 orang.
  3. Rombongan inti berseragam HW lengkap, berhasduk dan menggunakan baret, dan Putri menggunakan jilbab coklat kheki dan menggunakan topi.
  1. Biaya Akomodasi serta transportasi dan akomodasi pasukan inti saat melaksanakan kegiatan estafet menjadi tanggung jawab qabilah, kwarda serta Majelis Dikdasmen/PDM masing masing.
  2. Rombongan inti hanya menjalankan tugas mengestafetkan symbol symbol Pandu HW Jendral Sudirman dari satu titik ke titik berikutnya yang telah ditentukan sesuai juknis.
  3. Setiap trip atau etape boleh dimeriahkan oleh unit drumben atau barisan dari Ortom lain.

Peserta Napak Tilas

  1. Peserta Napak tilas adalah Pandu HW tingkatan Penghela/Penuntun yang diberikan mandate oleh Kwarda atau Qabilah PTM.
  2. Untuk Kwarda di Jawa Tengah tiap-tiap Kwarda diharapkan mengirim minimal 2 putra dan 2 putri.
  3. Sedangkan untuk diluar Jawa Tengah diharapkan mengirim minimal 1 kawan.
  4. Untuk Qabilah Perguruan Tinggi diharapkan mengirim minimal mengirimkan minimal 10 orang Penghela Penuntun. Khusus Qabilah PTM di Jawa Tengah mengirim peserta sesuai kuota yang ditentukan.
  5. Peserta Napak Tilas mengikuti rute yang telah ditentukan dalam Pedoman Pelaksanaan,
  6. Sanggup membayar SWP sebesar Rp 75.000,00 (tujuh puluh lima ribu rupiah)/per-etape/per-orang
  7. Fasilitas yang diterima peserta adalah konsumsi 3 kali, tiska dan sertifkat
  8. SWP Pendamping sebesar Rp 75.000,00 (tujuh puluh lima ribu rupiah)/per-etape/per-orang
  9. Melampirkan surat tugas dari Kwarda/Kwarwil/Qabilah PTM.
  10. Peserta dari Kwarda luar Karesidenan akan dibagi ke dalam 4 etape.
  11. Peserta dari luar Kwarwil Jawa Tengah dibebaskan akan memngikuti Etape keberapa atau mengkuti dari etape 1 sampai etape terakhir.
  12. Tidak dibebani SWO.

Formasi Barisan

Pasukan Inti Napak Tilas Pandu HW Jendral Sudirman

Susunan Barisan          Filosofi Barisan                           Tugas
    Janji Pandu Atfal (2 orang) Pembawa spanduk
  Janji Pandu HW (3 orang) Pembawa Bendera Merah Putih

Pembawa Muhammadiyah

Pembawa Bendera Pandu Hizbul Wathan

UU Pandu HW Pembawa Pesan Pesan Sudirman
  (10 orang) dan memakai tongkat oral bertopi laken
     
    2 orang Pendamping Regu yang membawa bendera morse dan satu tas rangsel berisi Peralatan PPPK dan obatan obatan

 

    Catatan :

  1. Rombongan Inti berjumlah 17 orang yang memiliki kiasan jumalah rokaat sholat wajib sehari semalam yang tidak boleh dilupakan oleh Anggota HW karena Kepanduan HW didirikan oleh Haji Ahmad Dahlan adalah berguna untuk meningkatan Ibadah.
  2. Di belakang Rombongan Inti adalah peserta dari berbagai daerah dan wilayah, kafilah penuntun serta pasukan pendukung penggembira, jumlah dan pengaturannya disesuakan dengan daerah, dapat juga dari unsur ortom seperti tapak suci, kokam atau barisan IPM. Serta Peserta dari luar wilayah Jawa Tengah akan berada di belakang Pasukan Inti.

Perlengkapan Peserta :

  • Peserta Napak Tilas berasal dari seluruh Kwarwil/kwarda se-Indonesia
  • Napak Tilas dilaksanakan secara oleh rombongan inti.
  • Napak Tilas terbagi menjadi 5 Etape setiap etape akan terbagi dalam beberaa Trip berkisar 4-5 Km.
  • Setiap Trip menyiapkan pasukan inti, sebanyak 17 orang dari yang berasal dari Qabilah dan Kwarda.
  • Susunan Pasukan dapat terdiri atas pandu penghela atau pandu pengenal.
  • Rombongan Pendukung terdiri  dari Peserta dari luar Kwarwil Jawa Tengah dan Penggembira yang berasal dari qabilah dan kwarda tersebut serta partisipasi dari ortom lain seperti Tapak Suci, Kokam, Lembaga Penanggulangan Bencana, Ikatan Pelajar Muhammadiyah atau masyarakat Muhammadiyah di daerah tersebut.disesuaikan dengan situasi dan keadaan di daerah.
  1. Pakaian
    • Pakaian peserta inti, seragam Pandu Hizbul Wathan.
    • Pasukan Pendukung, beridentitas Pandu Hizbul Wathan
    • Penggembira menyesuaikan (rapi dan sopan)

4)   Kelompok Seni dan Olahraga /Ortom, sesuai dengan kebutuhan (rapi dan sopan)

  1. Perlengkapan :
    • Sebuah spanduk ukuran 1 x 3 m mengangkat tema Seratus Tahun Pandu Hizbul Wathan (disediakan oleh Kwarwil/Panitia Wilayah)
    • Bendera Merah Putih ukuran 80x 120 cm dipasang pada tiang setinggi 225 cm (disediakan oleh panitia Wilayah)
  • Bendera Pandu Hizbul Wathan ukuran 75 x 105 cm dipasang pada tiang setinggi  215cm (disediakan oleh Wilayah )
  • Bendera Muhammadiyah ukuran 75 x 105 cm dipasang pada tiang setinggi 215 cm (disediakan oleh Wilayah)
  • Topi laken berjumlah 10 dan tongkat oral berjumlah sepuluh serta kata kata mutiara dari Jendral Sudirman yang digantungkan di tongkat oral tersebut. (disediakan oleh Panitia Wilayah)
  • Bendera dengan warna dasar    putih    strip     hitam,  untuk start pemberangkatan pasukan (disediakan oleh panitia wilayah)
  • Satu tas ransel berisi peralatan Kepanduan Hizbul Wathan (sederhana ) dan obat- obatan (P3K)
  • Bendera HW yang dibawa oleh masing masing pasukan pendukung atau penggembira disediakan oleh tiap-tiap pasukan pendukung (qabilah/kwarda).
  1. Kwartir Daerah Pemberangkatan dan Route

Rute Napak Tilas Berangkat/Start dari Gedung Dakwah Muhammadiyah Cilacap yang dulu HIS Muhammadiyah tempat Jendral Sudirman mengabdi sebagai guru dan finish di Lapangan Batur Kabupaten Banjarnegara tempat Jendral Sudirman berkemah.

Etape I GDM Cilacap (Alun-alun Cilacap) – Universitas Muhammadiyah Purwokerto Dengan pembagian Trip sebagai berikut :

Trip 1    Alun-alun Cilacap s.d SD Muhammadiyah 8

Trip 2    SDM 8 s.d STIEM

Trip 3    STIEM s.d Karang Kandri

Trip 4    Karangkandri s.d Kesugihan

Trip 5    Kesugihan s.d. Stasiun Maos

Trip 6    Stasiun Maos Cilacap s.d. SMP Muhammadiyah Maos

Trip 7    SMP Muhammadiyah Maos s.d SMP Muhammadiyah Sampang

Trip 8    SMP Muhammadiyah Sampang s.d. SMP Muhammadiyah Rawalo

Timbang Terima antara Kwarda Cilacap Dengan Kwarda Banyumas di PCM Rawalo atau SMP Muhammadiyah Rawalo

Trip 9    SMP Muhammadiyah Rawalo s.d. Patikraja

Trip 10 Patikraja s.d. Alun alun Banyumas

Trip 11 Alun Alun Banyumas s.d. Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Catatan

  1. Bagi Peserta dari luar Karesidenan Banyumas bila ikut Etape 1 (Cilacap-Banyumas UMP) maka tanggal 18 Oktober 2018 paling lambat pukul 17.00 harap sudah berada di PDM Cilacap dan stay di PDM Cilacap.
  2. Etape pertama diharapkan pukul 18.00 sudah tiba di Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  3. Peserta bermalam di Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Etape II Universitas   Muhammadiyah Purwokerto – Museum Sudirman Rembang Kabupaten purbalingga

Start dimulai dari Universitas Muhammadiyah Purwokerti pukul 06.00  tepat

Trip 1   Rute Universitas Muhammadiyah Purwokerto – Padamara

Perbatasan Banyumas Purbalingga dilakukan timbang terima antara Kwarda Banyumas dengan Kwarda Purbalingga di Kalitinggar

Trip 2   SMP N 1 Padamara s.d. Alun Alun Purbalingga

Trip 3   Alun Alun Purbalingga s.d. Kembaran Wetan

Trip 4   Kembaran Wetan s.d. SMP Muhammadiyah Kaligondang

Trip 5   SMP Muhammadiyah Kaligondang s.d. Lapangan Gembrungan

Trp  6   Lapangan Gembrungan s.d. KUA Pangadegan

Trip 7   KUA Pangadegan s.d. Tumanggal

Trip 8   Tumanggal s.d.Kesumen

Trip 9   Kesumen s.d. Rembang Monumen Jendral Sudirman

Catatan

  1. Rombongan Etape II diharapkan tiba di monumen Jendral Sudirman paling lambat pukul 18.00
  2. Peserta dari luar Karesidenan Banyumas yang mengikuti Etape II diharapkan tiba di Universitas Muhammadiyah Purwokerto pukul 17.00
  3. Peserta menginap di Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Etape III Museum Sudirman Rembang Kabupaten Kabupaten purbalingga – MIM Panusupan

Kabupaten Banjarnegara

Start dari Monumen Jendral Sudirman Rembang tepat pukul 06.00 setelah semua peserta sarapan

Trip 1   Monumen Jendral Sudirman Rembang s.d. Desa Kelapa (Perbatasan Purbalingga -Banjarnegara

Trip 2   Desa Kelapa (Tempat Timbang Terima)  s.d. MTs Muh Kecepit MTs Muh Kecepit

Trip 3   MTs Muh Kecepit s.d. MIM Badakarya

Trip 4   MIM Badakarya s.d. Balai Desa Tanjung Tirta

Trip 5   Balai Desa Tanjung Tirta s.d. MIM Sipedang Banjarmangu

Trip 6   MIM Sipedang Banjarmangu s.d. Pasar Wage Beji Banjarmangu

Trip 7   Pasar Wage Beji Banjarwangu s.d. Balai Desa Pager Pelah Karangkobar

Trip 8   Balai Desa Pager Pelah Karangkobar s.d. MTs Muh Karangkobar

Trip 9   MTs Muh Karangkobar s.d. Desa Karangsari Pajewaran

Trip 10 Desa Karangsari Pajewaran s.d. MIM Penusupan

Catatan

  1. Peserta dari luar Kares Banyumas yang mengikuti Etape III diharapkan tiba di PDM Purbalingga paling lambat pukul 17.00
  2. Peserta akan dimobilisasi ke Rembang (Museum Jendral Sudirman selesai sholat Maghrib)
  3. Peserta Menginap di Rembang Museum Jendral Sudirman

Etape IV MIM Panusupan – Lapangan Batur

Trip 1   MIM Penusupan s.d. SMP N 3 Satap Pajewaran

Trip 2   SMP N 3 Pajewaran s.d. Masjid Sidaraja

Trip 3   Masjid Sidaraja – Lapangan Batur  Kecamatan Batur

Catatan

  1. Peserta dari luar Kares Banyumas yang mengikuti Etape IV diharapkan tiba di PDM Banjarnegara paling lambat pukul 17.00
  2. Peserta akan dimobilisasi ke MIM Penusupan oleh panitia Lokal
  3. Peserta menginap di MIM Penusupan.
  4. Trip MIM Penusupan – Lapangan Batur menggunakan medan pendakian dan penurunan.
  • Pembagian dan Alokasi dan Distribusi Peserta Peserta Dari Kwarwil Jawa Tengah

 

No Etape Pasukan Inti Kwarda /PTM Sejateng
1 Etape 1:

PDM Cilacap – UM Purwokerto

19 Oktober 2018

Pkl 07.00-18.00

  Diatur Kwarda Cilacap dan

Banyumas

Brebes 4 orang

Kab Tegal 4 Orang

Kota Tegal 4 orang

Pemalang 4 orang

Kab Pekalongan 4 orang

Kt Pekalongan 4 orang

Batang 4 orang

STIEM Cilacap 20 orang

STIKES  Pekalongan  20 orang

STIEM Pekalongan   20

 

Jumlah 74 orang

2 Etape 2

UM Purwokerto –

Purbalingga

20 Oktober 2018

Pkl 07.00-18.00

 

Rembang Kab

Diatur Kwarda Banyumas dan

Kwarda

Purbalingga

Kendal 4 orang

Kt Semarang 4 orang

Kb Semarang 4 orang

Grobogan 4 orang

Salatiga 4  orang

      Demak 4 orang

Rembang 4 orang

Blora 4 orang

UMP 60 orang

Jumlah 74 orang

3 Etape 3

Rembang Kab Purbalingga – MIM

Penusupan

21 Oktober 2018

Pkl 07.00-18.00

Diatur antara

Kwarda

Purbalingga dengan Kwarda

Banjarnegara

Kebumen 4 orang

Purworejo 4 orang

Kab magelang 4 orang

Kt Magelang 4 orang

Temanggun 4 orang

Wonosobo 4 orang

UM Purworejo 30 orang

Unimus 30 orang

Jumlah 74 orang

4 Etape   IV        MIM    Penusupan       –

Lapangan Batur

  Surakarta 4 orang

Boyolali 4 Orang

Klaten 4 orang

Wonogiri 4 orang

Sukoharjo 4 orang

Karanganyar 4 orang

Sragen 4 orang

UMS 30 orang

STIKES PKU Solo 10 orang

STIKES Gombong 10 orang

STIKES Aisyiah 10 orang

Jumlah 74 orang

Catatan : Untuk peserta dari Kwarwil lain bisa menyesuaikan.

  • Waktu penyelenggaraan

Start 19 Oktober 2018 dari Cilacap dan Finish 22 Oktober 2018 di Lapangan Batur Banjarnegara (Nov Des Jan Maret Intensitas Hujan di daerah batur dan banjarnegara curah hujannya 24 jam tiada henti bahkan rute dari rembang samai batur banyak melalui daerah rawan longsor).

  • Kontribusi

Biaya konsumsi dan akomodasi untuk pasukan inti akan ditanggulangi oleh tiap-tiap qabilah dan untuk peserta dari luar Karesidenan Banyumas atau dari luar Jawa Tengah akan dikenakan SWP yaitu sebesar Rp 75.000,00 (tujuh puluh lima ribu rupiah)/per-etape/per-orang, dengan fasilitas Konsumsi 3 kali, tiska dan sertifikat nasional.

Untuk biaya pemberangkatan dan biaya pembuatan monument Jendral Sudirman di Lapangan Batur Banjarnegara akan dibebankan pada anggaran yang tersedia

  • Contact Person, Ramanda:
  1. Parimin (Ketua SC) : 0813 9345 2875
  2. Ragil Kuat Haryadi (Anggota SC) : 0812 2517 6710
  3. Mukhtar (Ketua OC)                                         : 0813 2734 6019
  4. Joko Santoso (Sekretaris OC) : 0812 1531 4547
  5. Wartono (Ketua Kwarda HW Cilacap) : 0857 4706 1880
  6. Tri Nugroho (Kwarda HW Banyumas) : 0856 0219 4433
  7. Slamet Widodo (Ketua Kwarda HW Purbalingga) : 0812 2580 9494
  8. Sugeng (Ketua Kwarda HW Banjarnegara) : 0878 3763 0595

x Aktifitas pendukung.

Disesuaikan dengan kemampuan daerah dan dukungan pemangku kepentingan, antara lain, berupa:

  1. Perkemahan di setiap peserta bermalam atau di sepanjang rute yang dilewati oleh qabilah qabilah
  2. Penghijauan/Bakti masyarakat/Donor Darah
  3. Seni budaya
  4. Nonton Bareng Film Sang Pencerah/ 100 hari meniti hari/Nyi Ahmad Dahlan atau Sudirman

Xi.       Penutup.

Peristiwa seratus tahun adalah usia yang sangat dewasa, dimana pengalaman dan kematangan dalam berorganisasi dan mengabdi telah menjadi jati diri. Kegiatan Napak Tilas ini adalah yang pertama tingkat Nasional yang menandai kemantapan dan kemapanan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan.

Semoga kegiatan ini dapat memotivasi dan membuat kita semakin istiqomah menegakkan jati diri Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan, sehingga Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan akan menjadi pilihan utama bagi kader Muhammadiyah, karena akan mampu mewujudkan jiwa dan karakter “manusia seutuhnya” bagi setiap anak bangsa. Semoga kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang nyata mewujudkan Indonesia berkemajuan.

LAMPIRAN SURAT KEPUTUSAN KWARTIR PUSAT

GERAKAN KEPANDUAN HIZBUL WATHAN

Nomor : 075/SK-Kwarpus/A/IX/2018

Tentang

KEPANITIAAN NAPAK TILAS PANGLIMA BESAR JENDERAL SOEDIRMAN

SEBAGAI PANDU HIZBUL WATHAN DI JAWA TENGAH

TAHUN 2018

 

Penasehat:

1.     Pimpinan Pusat Muhammadiyah

  1. Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan
  2. Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah
  3. Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah
  4. Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah
  5. Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah

Penanggungjawab: Mayjend (Purn) TNI Muchdi Purwoprandjono Ketua Umum Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan

Panitia Pengarah (SC)

Ketua               : Bambang Soemedhi

Wakil Ketua    : Parimin

Sekretaris         : Bambang Sigid Pramono

Anggota          : Muchammad Adji Subur

Muchsinun

Asep Djadjuli

Endra Widyarsono

Anjar Nugroho

Ragil Kuat Haryadi

Taufik

Joko Riyanto

Senen Budiarto

Sukasno

Edy Eko Sunarno

Warjimin

 

Panitia Pelaksana (OC)

Ketua Anjar Nugroho
Wakil Ketua 1 (Bidang Perkap Usaha Dana ) Aman Suyadi
Wakil Ketua 2 (Bidang Komunikasi Publikasi) Ismokoweni
Wakil Ketua 3 (Bidang Pengerahan Massa) Mukhtar
Sekretaris Joko Santoso
Wakil Sekretaris Muh Dzikron
Bendahara

Wakil Bendahara

Imam Thohari

Siti Fatonah

Seksi Pengerahan Massa PTM Sutan Syahrir Zabda
Anggota Ketua Qabilah Univ Muh Purwokerto

Ketua Qabilah Univ Muh Surakarta

Ketua Qabilah Univ Muh Semarang

Koordinator Kafilah Jawa Tengah

Seksi Usaha Dana di Tingkat Provinsi Jumadi
Anggota Suryotomo

Setyo Irianto

Effendi Choiri

Seksi Pengawas Etape Danang Ariwibowo
Anggota Muh Taufik Ulinuha

Muh Rifki Setiadi

Baruna Nasution

Ketua Kafilah Univ Muh Purwokerto

Ketua Kafilah Univ Muh Surakarta

Ketua Kafilah Univ Muh Semarang

Ketua Kafilah STIEM Cilacap

Seksi Pengawas Konsumsi Siti Amronah

Eni Winarti

Natalia W

Shofi

Seksi Urusan Perizinan Keamanan di Polda

dan Penyebaran Undangan

 Dwi Rohmat

Khayun Fulanun

Deden

Sudiyat

Seksi Pengerahan Massa Kare Banyumas Ketua Majelis Dikdasmen PDM Cilacap

Ketua Majelis Dikdasmen PDM Banyumas

Ketua Majelis Dikdasmen PDM Purbalingga

Ketua Majelis Dikdasmen PDM Banjarnegara

Ketua Majelis Dikdasmen PDM Wonosobo

Ahmad Sobari

Ketua Kwarda HW Cilacap

Ketua Kwarda HW Banyumas

Ketua Kwarda HW Purbalingga

Ketua Kwarda HW Banjarnegara

Ketua Kwarda HW Wonosobo

Seksi Transportasi dan Publikasi Muhammad Alwi

Muhammad Alvisina

Muhammad Isnan

Seksi Pengawasan dan Evaluasi                      Bidang Litbang dan Evaluasi Kwartir Pusat HW

Panitia Pelaksana di Kwarda HW Cilacap

Ketua                                      :  Slamet Hidayat
Sekretaris :  Bibit Kurniadi
Bendahara :  Retno Kurniati

 

 

 

Bidang-Bidang :
A. Sarpras : Bambang Sutomo

Dafi

Agus Saefudin

B. Acara-upacara : Sri Rahayu

Rizal

C. Konsumsi : Zahrotul ‘Izzah
E. Pubdekdok : Eko Wicaksono
F. Keamanan : Kokam, Tapak Suci
G. Tim Pendukung                : Dewan Sughli
H. Penjemput Tamu : Agus Sutarti,
H. Humas : Komarudin

Rahmat Efendi

Faizal

Supriyono

  1. Kesehatan :  TIM PKU Muhammadiyah Cilacap
  2. Pengerah Masa : Ketua PCM, Ketua Qobillah se- Cilacap

Anggota KWARDA,

Marsinah,

Yulinah,

Ronit,

Tejo S

 

Panitia Pelaksana di Kwarda HW Banyumas

Penasehat :  Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyumas

(Dr. Ibnu Hasan, S.Ag, M.S.I)

PenanggungJawab      :  Ketua Kwartir Daerah HW Banyumas (Warmanto)

Ketua                           :  Nur Fauzi

Sekertaris                     :  Tri Nugroho

Bendahara                   :  Misno Purwoko

Penanggungjawab setiap Trip

                              Trip 1         :  Samsuri
                              Trip 2 :  Muhammad Syaiful Khaq
                              Trip 3 :  Sudiro
Trip 4 :  Tofik Nur Hidayat dan

Kafilah HW Univ Muh Purwokerto

Sie Acara :  Sobari

Aji Priyono

Rizka Laellul Umammy

Dewan Sughli Daerah

Sie Perlengkapan :  Puji Setia Bakti

Hafidz Cahya Pratama

Dewan Sughli Daerah

Sie Konsumsi : Welas Rarasati

Neni Martiningsih

Suparni

Ambar Son Asih Wulandari

Dewan Sughli Daerah

Sie Kesehatan :  Imam Tohari

Fakultas Kesehatan Univ Muh Purwokerto, Klinik Univ Muh Purwokerto

Sie Transportasi :  Arif Wicaksono

Alif Januar Aditama

Akmal Sanni Anggoro

Sie Keamanan                         :  Tungguh Kasiyanto

Kokam Banyumas

Pimda Tapak Suci

 

Panitia Pelaksana di Kwarda HW Purbalingga

Penasehat : Pimpinan Daerah Muhammadiyah Purbalingga

: Pimpinan Daerah Aisyiyah Purbalingga

: Majelis Dikdasmen PDM Purbalingga

Penanggung Jawab : Ketua Kwartir Daerah Hizbul Wathan Purbalingga
Ketua :  Tabah Trisniandani
Wakil Ketua :  Slamet Widodo
Sekretaris :  Muakhar Abdu Salam
Bendahara : Agus

Seksi Seksi

1.      Seksi Perlengkapan Immawan dan Dewan Sughli
2. Seksi Konsumsi Janisah dan Dewan Sughli
3. Seksi Usaha dan Dana Furin Nurdianto dan Dewan Sughli
4. Seksi Kesehatan Wasis Aman,

PKU Muh Purbalingga

Dewan Sughli

5. Seksi Keamanan Akhif Zubaidi

Kokam

Tapak suci

Dewan Sughli

6. Seksi Dokumentasi Murniati, Dewan Sugli

 

Panitia Pelaksana di Kwarda HW Banjarnegara

Ketua               : Teguh Puji Raharjo

Wakil Ketua    : Sugeng Prianto

Sekretaris         : Budi Pratomo

Bendahara       : Yosita Indra Cahyani

Seksi-Seksi      :

  1. Transportasi :   Arifudin Ahmad

Taufan Adhi Santosa

  1. Akomodasi Penginapan : Heri Purwanto

Afton Nizarli

Hanifudin

Sabar Suprihatin

  1. Perlengkapan :               Yusuf Satriono

Hanifudin

Imam Khaerudin

Efendi Budi Utomo

  1. Konsumsi Napak Tilas: Ratna Setyawati

Suji Hartini

Mufidatul Khasanah

Faoziyah Laily

  1. Pengawas Rute / Penjaga POS :    Nanang Agus P

Kurnia Darmawan

Anjar Nugroho

Fuad Yudianto

Ragil Julianto

Riski Khoerul Anwar

Yovi Al Hidayat

6. Humas publikasi : Subehi

Mungalim

Taufikuroman

Ali Suprapto

Hendra

7. Komunikasi Lapangan : Aan Hidayat

DSD Banjarnegara

Agus Edi Pratomo

8. Kesehatan

 

: Habibulloh

Anwar Ma’arif

LPB Banjarnegara

  1. Perkemahan di Lapangan Batur : Sumono

Burhanudin

Sunaji

  1. Tim Pendukung : Semua anggota Dewan Sughli Daerah Banjarnegara

 

Susunan Upacara Pemberangkatan
Napak Tilas Panglima Besar Jenderal Soedirman Sebagai Pandu Hizbul Wathan
Cilacap, 19 Oktober 2018
  1. Peserta yang hadir :
  2. Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Ketua Majelis Dikdasmen PP Muh, Ketua Majelis Kader PP Muh dan Ketua Majelis Diktilitbang PP Muh (10 orang)
  3. Ketua Umum Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan dan anggota (20 orang)
  4. Gubernur Jateng, Komandan Kodam VII Diponegoro, Kapolda Jateng, Kepala Dinas Dikbud Provinsi Jawa Tengah, Kepala Badan Kesbang Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Pemuda Pariwisata dan Olahraga Provinsi Jawa Tengah, Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Kepala Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Kepala Kemenag Jawa Tengah Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Tengah (12 orang)
  1. Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Majelis Dikdasmen PWM Jawa Tengah, Majelis Pendidikan Kader PWM Jawa Tengah, Ketua LPB/MDMC PWM Jawa Tengah, Ketua Majelis Pendidikan Tinggi PWM Jawa Tengah, Ketua PD ‘Aisyiyah Jawa Tengah, Ketua Ortom setingkat Wilayah Jawa Tengah (20 orang)
  2. Bupati Cilacap, Kapolres Cilacap, Komandan Kodim Cilacap, Kepala Kejaksaan Negeri, Kepala Pengadilan Negeri, Kepala Kemenag Kabupaten, Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kab Cilacap (20 orang)
  3. Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Cilacap beserta PD ‘Aisyiyah, pimpinan Ortom setingkat daerah dan wilayah (20 orang)
  4. Ketua PCM se Cilacap (30 orang)
  5. Kepala Sekolah dan Madrasah Muhammadiyah se Kabupaten Cilacap (100 orang)
  6. Anggota Biasa (Athfal, Pengenal, Penghela, Penuntun) dan Qabilah STIEM
  7. Semua Anggota Kwarda Cilacap
  8. Drumben dari AUM
  9. Inspektur Upacara adalah Ketua Umum Kwartir pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan/ Gubernur Jawa Tengah/Komandan Kodam/Komandan Kodim
  1. Atur acara :
  2. Komandan Upacara menyiakan Pasukan dalam formasi upacara dan rombongan inti Napak Tilas sesuai formasi yang ditetapkan.
  3. Inspektur Upacara Menempatkan diri
  4. Penghormatan Umum
  5. Kalam Ilahi
  6. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Lagu Sang Surya, dan Mars HW
  7. Laporan Komandan Upacara
  8. Laporan Panitia
  9. Penganugerahan Tanda Kehormatan Pandu Pembela Tanah Air Secara simbolis
  10. Sambutan Inspektur Upacara
  11. Pengucapan tema Napak Tilas oleh Pembina Upacara ditirukan oleh seluruh peserta upacara.
  12. Penyerahan Bendera Merah Putih, Bendera Muhammadiyah dan Bendera HW sebagai Simbolis Pelaksanaan Napak Tilas dari Inspektur Upacara kepada petugas pembawa
  13. Pembacaan Doa
  14. Laporan Komandan Upacara
  15. Penghormatan Umum.
  16. Inspektur Upacara menuju tempat start
  17. Pengibaran bendera Start oleh Inspektur Upacara

 

Susunan Upacara Serah Terima
Napak Tilas Panglima Besar Jenderal Soedirman Sebagai Pandu Hizbul Wathan

 

  1. Tempat dan Penyelenggaraan

Tempat             : Perbatasan Daerah atau Kota yang disepakati

Penyelenggara : Penanggungjawab penyelenggaraan adalah Kwartir yang menerima Napak Tilas

  1. Peserta yang hadir :
  2. Kwartir Penerima
  3. PDM, PCM setempat
  4. Ketua Ortom daerah setempat
  5. Anggota HW
  6. Organisasi Ortom, LPB/MDMC,
  7. Kwartir yang menyerahkan.
  8. Ketua Qabilah, Ketua Kwarda, Ketua PCM setempat
  9. Pasukan Inti
  10. Formasi Upacara

Pasukan yang akan menerima (17 orang) dengan segala perlengkapan

  1. Atur Acara
  2. Komandan Upacara menyiapkan pasukan/kerabat
  3. Inspektur Upacara menempatkan diri.
  4. Penghormatan kepada Inspektur Upacara,      dipimpin          oleh     Ketua  Regu Penerus (pasukan yang sudah siap di lapangan)
  5. Kalam Ilahi
  6. Penyerahan Estafet Napak Tilas kepada pembina upacara.
  7. Pengucapan tema Napak Tilas oleh Pembina Upacara diikuti oleh peserta upacara.
  8. Penyerahan simbol napak tilas dari Pembina Upacara kepada Petugas pembawa dengan kata kata dari Pembina upacara “Dengan ini saya serahkan jiwa dan kepemimpinan Jendral Sudirman untuk diteruskan sampai lapangan Batur”, kemudian dijawab oleh pasukan inti penerus “Dengan ini kami siap menerima dan bertanggung jawab meneruskan jiwa dan kepemimpinan Jendral Sudirman”
  9. Penghormatan Umum Kepada Inspektur Upacara .
  10. Inspektur Upacara menuju tempat pemberangkatan Estafet/garis start diikuti para tamu undangan.

10.Pendamping Napak Tilas penerus, menyerahkan bendera Start kepada Inspektur Upacara.

11.Pembina mengibaskan bendera start.

12.Selesai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here