Resmi Dilantik, Kafilah Hizbul Wathan UMS Jalankan Sistem Satuan Terpisah

0
1
Prosesi Pelantikan Gerakan Kepanduam Hizbul Wathan Kafilah (GKHW) Penuntun Moh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta, pada (16/2/2019)

HIZBULWATHAN.OR.ID,SURAKARTA – Sebelum memasuki masa kuliah semester genap tahun ajaran 2018/2019, Gerakan Kepanduam Hizbul Wathan Kafilah (GKHW) Penuntun Moh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta atau disebut HW UMS telah sukses menyelenggarakan Pelantikan dan Serah Terima Jabatan pengurus tahun 2019.

Pelantikan berlangsung mulai dari pukul 08.45 – 10.30 WIB, di Ruang Seminar FKIP gedung C UMS, pada hari Sabtu (16/2). Kali ini organisasi yang bergerak diranah Kepanduan tersebut mulai melakukan sistem Kesatuan Terpisah, yakni pengurus Putra dan Pengurus Putri.

Dijelaskan oleh Rido Wahyudi, ketua HW UMS tahun 2018 bahwa sistem satuan terpisah ini merupakan cirikhas dalam kepanduan, khususnya Kepanduan Islam seperti Hizbul Wathan.
“Dari hasil Musyawar Kafilah (musykaf) menghasilkan keputusan, bahwa HW UMS mulai menerapkan sistem satuan terpisah, yang sebenarnya menjadi ciri khas dna ketentuan kepanduan sejak lama” jalanya.
Dia juga berharap pengurus yang telah dilantik dapat menjalankan amanah dengan baik. Lebih dari itu, dia juga mengarahkan supaya HW UMS mampu menjadi percontohan bagi Hizbul Wathan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) Se-Indonesia.

“Tentu saya mewakili pengurus tahun 2018, mengucapkan selamat dan semoga mampu menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya. Dan HW UMS harus bisa menjadi contoh bagi HW PTM dan PTA lainnya,” ujarnya.

Ketua Qobilah HW UMS, yakni Ramanda Djumadi juga berpesan dihadapan pengurus yang baru saja dilantik.

Menurutnya keberhasilan suatu organisasi bisa dicapai dengan mempelajari apa yang pernah dilakukan oleh para seniornya. “Jika ingin berhasil manjalankan organisasi, jangan pernah melupakan jasa-jasa seniornya terdahulu. Kemudian untuk para purna tugas supaya tetap membimbing adik-adiknya” pungkas Ketua Qobilah HW UMS.

Disela-sela acara, turut dimeriahkan dengan penampilan tari trasdisional cirikhas Flores Nusa Tenggara Barat, yakni tari Ja’i. Ditampilkan oleh siswi SMP Muhammadiyah 2 Kartasura.
Pelantikan tersebut dihadiri oleh Kepala Sekolah Muhmadiyah Se-Solo Raya yang dibina oleh HW UMS dalam mengembangkan Hizbul Wathan di sekolah. Turut dihadiri juga oleh Pengurus Qobilah HW UMS dan beberapa Unkt Kegiatan Mahasiswa UMS.

Perlu diketahui, Ketua Kafilah Putra tahun 2019 diduduki oleh Wihda Nasir Fathoni, dan Ketua Kafilah Putri diamanahkan kepada Hesti Rahayu Lestari. Keduanya merupakan mahasiswa Teknik Informatika semeseter 5 UMS.

*Sumber: PWMJATENG.COM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here