Aksi Sosial Kafilah HW Universitas Muhammadiyah Semarang di Tengah Pandemi Covid-19

0
8
dari kiri : Ikhsan Dian (Ketua BKM Kesenian), Fajar Arya (Ketua Kafilah), Penerima bantuan, Priatin (Ketua Bidang Kepanduan), Amrullah (Anggota Bidang Kepanduan)

Semarang – Kafilah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) Jenderal Soedirman Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) melakukan aksi sosial dengan membagikan paket sembako dan masker secara gratis kepada kaum dhuafa di sekitar kampus Unimus serta beberapa lokasi di Kota Semarang, Ahad, 14 Juni 2020.

Rakanda Fajar Arya Pratama selaku Ketua Kafilah HW Unimus mengungkapkan bahwa pembagian paket sembako dan masker ini sebagai hasil dari program sedekah rutin yang diinisiasi oleh Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Kafilah HW Unimus. Program tersebut bernama program Sejuta Rasa atau singkatan dari Sedekah Jum’at Kita Di Rumah Saja. Hal terebut dilakukan karena sebagai Organisasi Otonom Muhammadiyah dirasa perlu belajar mengimplementasikan gerakan sosial Al-Maun sejak masih mahasiswa, contohnya bisa berupa sedekah untuk kaum dhuafa yang membutuhkan bantuan ekonomi. Dalam situasi pandemi covid-19, tidak menjadi penghalang untuk bersedekah, meskipun dikumpulkan atau dilaksanakan rutin setiap hari Jum’at di rumah masing-masing.

“Program sedekah Sejuta Rasa dimulai sejak hari Jum’at, 3 April 2020 sampai hari Jum’at, 29 Mei 2020, dan hari ini adalah pendistribusiannya. Alhamdulillah banyak yang ikut program sedekah ini, baik dari internal Kafilah HW Unimus maupun masyarakat umum”, kata Fajar.

Sekretaris Kafilah HW Unimus, Ayunda Supriatun mengatakan pembagian sembako dan masker ini merupakan bagian kontribusi Kafilah HW Unimus dalam hal kemanusiaan, khususnya membantu kaum dhuafa yang terdampak Covid-19. Pembagian sembako menyasar kepada pemulung, tukang becak, pedagang kecil, dan warga kurang mampu lainnya yang tersebar di Kecamatan Tembalang dan Kecamatan Pedurungan Kota Semarang.

Anggota Kafilah HW Unimus, Rakanda Wahyu Wiranto menambahkan dalam satu paket sembako ini berisi beras, minyak goreng, mie instan, sarden dan masker. Program sedekah yang telah berlangsung selama 2 bulan tersebut diharapkan dapat membentuk karakter terbiasa bersedekah dalam kondisi apapun. Dan Kafilah HW Unimus sangat berterima kasih kepada seluruh donatur yang telah menyisihkan rezekinya dalam rangka membantu meringankan beban kaum dhu’afa. (Fajar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here