KWARDA HW KAB WONOGIRI MENYIAPKAN KADER PERSYARIKATAN DAN BANGSA MELALUI CERIA ATHFAL

www.hizbulwathan.or.id-Kab Wonogiri: Pandu Athfal adalah salah satu tingkatan anak didik Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Muhammadiyah yang mana para pandu Athfal ini mendapatkan pendidikan di tingkat Madrasah Ibtida’iyah ataupun Sekolah Dasar yang ada pada Amal Usaha Muhammadiyah. Dalam kegiatan Ceria Pandu Atfal ini, anak didik Athfal akan mendapatkan banyak pengalaman yang didapatkan di Rumpun-nya (sekolahnya).

Ceria Pandu Atfal di Kwartir Daerah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kabupaten Wonogiri merupakan bentuk kegiatan yang menarik, Sehat, menyenangkan, teratur, terarah dan praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar Hizbul Wathan dengan mengedepankan ajaran yang Islami, dan ber akhlakul kharimah dan juga menyisipkan niali – nilai kearifan kebudayaan jawa yang adi luhur, sehingga anak didik  mendapatkan pengalaman yang lebih dari segi keislaman dan dari segi kearifan nilai-nilai budya jawa yang luhur.

Perhelatan Perkemahan Ceria Pandu Atfal yang digelar oleh Kwartir Daerah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kabupaten Wonogiri pada tanggal 13-14 oktober 2017 yang juga didukung oleh Lazismu Kabupaten Wonogiri dengan diikuti sebanyak 160 anak dari Sekolah Dasar Muhammadiyah Wonogiri, merupakansalah satu trobosan yang luar biasa untuk memajukan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan sesuai dengan Mars Hizbul Wathan bahwa Hizbul Wathan  sangat pesat meraja diseluruh indonesia.

Perhelatan Ceria Pandu Atfal kali ini diketua oleh, Ibunda Rita setiawati dengan tema (Putra Nuswantara  kang dedasar Agama sinartan Luhuring Budaya  Jawa ) acara ini dibuka langsung oleh Bp. Subandi PR selaku Ketua  Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah  Kab. Wonogiri. Disela sela-sela sambutanya beliau menyampaikan pesan  semoga melalui  Kegiatan Ceria Pandu Atfal ini akan terlahir kader-kader persyarikatan  Muhammadiyah kedepanya sebagai penerus pemimpin-pemimpin bangsa indonesia seperti halnya Jendral Sudirman yang juga merupakan didikan dari Hizbul Wathan.

Acara Perkemahan Ceia pandu Atfal Kwartir Daerah Kabupaten Wonogiri yang di ikuti oleh 160 anak didik dengan memberikan Reward Khusus kepada anak apabila mereka mampu menjadi tauldhan, aktif, kreatif, semangat, dalam mengikuti di setiap kegitan yang meliputi :

  1. Menunaiakn Sholat Fardu/wajib maupun sunnah secara berjama’ah;
  2. Perlombaan Hafalan Do’a – Do’a harian dan Surat-Suratan Pendek dalam Al-Qur’an;
  3. Sopan santun dalam bersikap , bertutur kata yang baik dengan bahasa jawa Krama Inggil, siap menolong dan berbuat Kebajikan kepada sesama teman dan masyarakat sekitar yang dijumpai.;
  4. Tadzabur ‘Alam dengan rute sepanjang  jalur pemukiman penduduk di lereng gunung Gandul  Wonogiri dan  menelusuri alam di gunung Gandul, dengan mengutamakan konsep Tadzabur Alam bagi anak didik serta tidak melupakan kearifan budaya jawa yang ada utama di kabupaten wonogiri yang terkenal dengan banyak sekali kearifan budaya-budaya lokal yang arif bijaksana yang senantiasa dipakai dan dipatuhi;
  5. Pentas Seni, dalam pentas seni ini yang diadakan malam hari banyak sekali menyedot perhatian masyarakat dan warga disekitar dan utamanya orang tua wali  yang ingin menjenguk dan melihat penampilan terbaik putra putrinya, ada yang menampilkan Seni Tari Bujang Ganong Reog Ponorogo, yang mengundang decak kagum dan tawa para penoton yang hadir, kelihaian Seni Beladiri Tapak Suci Putra Muhammadiyah, dan lain-lain.

(Edy Purnomo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *