Muhammadiyah Boarding School (MBS) Pleret Bantul DIY Membumikan Memanah Melalui Perkemahan Kepanduan Hizbul Wathan

0
6935

WARTA MBS PLERET – Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Qabilah Muhammadiyah Boarding School (MBS) Pleret Yogyakarta menggelar Perkemahan Akhirussanah 2018 di bumi perkemahan Tangkil, Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Sebagai Gerakan Kepanduan yang berasaskan Islam dan berada di bawah payung Pondok Pesantren, HW MBS Pleret senantiasa berupaya untuk menjadi wadah percetakan kader Muhammadiyah yang militan sejak dini.

Perkemahan Akhirussanah ini adalah bagian dari rangkain kegiatan akhir tahun ajaran Pon-pes MBS Pleret Yogyakarta. Selain giat dan lomba, pengembaraan, tadabbur lhail, perkemahan akhirussanah kali ini, juga mengagendakan materi dan praktek panahan dengan mengundang langsung pelatih yang kompeten di bidangnya.

Ayunda Yanu Milanti selaku Ketua Panitia Perkemahan menjelasakan bahwa maksud dan tujuan rangkaian kegiatan ini untuk memperkenalkan dan membumikan sunnah rasul kepada setiap santri/wati MBS Pleret. “Selain sebagai sebuah kegiatan olahraga, panahan juga sebagai upaya meningkatkan jiwa petarung, jiwa ketelitian, jiwa keseimbangan para santri MBS Pleret, agar kelak para santri ketika menjadi penerus perjuangan dakwah Islam, mereka siap dan tanggap dalam ber-amar ma’ruf nahi mungkar”.

Kegiatan panahan berlangsung selama tiga jam dimulai dengan pengenalan awal tentang memanah, instrumen panahan, serta tehnik memanah yang baik, kemudian dilanjutkan dengan praktek lapangan. Terselenggaranya kegiatan ini tidak terlepas dari kerja sama Qabilah Hizbul Wathan MBS Pleret Yogyakarta dengan komunitas panahan Ar-Ramyu KOKAM DIY.

Rangkaian perkemahan ini juga menjadi upaya Ponpes MBS Pleret dalam membumikan “sunnah memanah” yang akan dimasukkan ke dalam kegiatan ekstrakulikuler di pesantren. (*Syams09)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here