Sabtu, Mei 25, 2024
BerandaKABAR HWKajian Islam Metamorfosa, Dakwah Ala Hizbul Wathan STKIP Muhammadiyah Bogor

Kajian Islam Metamorfosa, Dakwah Ala Hizbul Wathan STKIP Muhammadiyah Bogor

BOGOR – Hizbul Wathan Kafilah AR Fachruddin STKIP Muhammadiyah Bogor mengadakan Dakwah Kajian Islam yang dilaksanakan pada hari Sabtu (22/01/22). Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja bidang Kehidupan Islami yang bertujuan untuk menambah wawasan serta keimanan para kader Hizbul Wathan sesuai dengan temanya yaitu “Metamorfosa Iman Dengan Mengenal penyakit TBC (tahayul, bid’ah, churofat)”.

Selain dihadiri oleh Anggota Kafilah AR Fachruddin, Kafilah juga mengundang Dewan Kerabat Pasukan MA Mu’allimien Muhammadiyah Bogor untuk mengikuti kajian bersama. Kajian disiarkan secara langsung melalui instagram Hizbul Wathan STKIP Muhammadiyah Bogor.

Kajian di isi oleh Sekretaris Qobilah AR Fachruddin, Ramanda Mad Rois. Dalam paparannya ia menjabarkan tentang pemahaman dan ilmu baru mengenai TBC khususnya tentang Bid’ah.

“Muhammadiyah sejak dulu telah berjuang memberikan pembaharuan (tajdid) dan memberantas TBC yang telah mengakar di masyarakat. Tajdid dalam Muhammadiyah memiliki 2 fungsi, yakni purifikasi dalam hal akidah dan ibadah mahdah dan dinamisasi dalam ibadah mahdah dan muamalah duniawiyah,” paparnya dalam kajian.

Menurutnya, Bid’ah sendiri menurut Imam Asy Syathibi adalah sebuah cara dalam agama yang dibuat, di mana cara tersebut menyerupai syariah, dan dimaksudkan dari mengerjakannya adalah berlebih-lebihan dalam beribadah kepada Allah SWT.  Adapun jika ada hal baru namun ada justifikasi dengan dalil maka hal baru tersebut bukanlah bid’ah.

Flayer Kajian HW Kafilah AR Fachruddin STKIP Muhammadiyah Bogor.

Rakanda Ipan Supanji, Ketua Bidang Kehidupan Islami Kafilah Putra mengatakan, kajian yang telah dilaksanakan berjalan dengan baik dan kondusif, para peserta tertarik dengan materi kali ini.

“Melalui kajian ini peserta memperoleh ilmu baru yang dapat diterapkan dalam keseharian dan juga meningkatkan keimanan serta menghargai adanya perbedaan. Semoga diadakannya program kajian seperti ini dapat menyebarluaskan makna positif keislaman. Aamiin,” harapnya. (*)

*Ayunda Fahira Irbah

Red
Redhttp://www.hizbulwathan.or.id
Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan merupakan Organisasi Otonom Persyarikatan Muhammadiyah yang berada di tingkat Pusat, yang mempunyai struktur organisasi dibawahnya terdiri dari Kwartir Wilayah yang berada ditingkat Propinsi, Kwartir Daerah berada di tingkat Kota/Kabupaten, Kwartir Cabang berada di tingkat Kecamatan dan Qabilah berada di amal usaha Muhammadiyah bidang pendidikan (sekolah, pondok pesantren, perguruan tinggi) atau berada di pemukiman warga / tingkat Ranting Muhammadiyah
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments

Lasiman,S.Pd pada Alamat Kantor