Rabu, April 17, 2024
BerandaBERITA PERSYARIKATANLewat Hizbul Wathan Blog, Smamda Surabaya Tanamkan Siswa Berkarakter dan Berakhlak Mulia

Lewat Hizbul Wathan Blog, Smamda Surabaya Tanamkan Siswa Berkarakter dan Berakhlak Mulia

HIZBULWATHAN.OR.ID, SURABAYA – SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Surabaya melaksanakan kegiatan bertajuk Hizbul Wathan Blog yang dihelat di Kebun Bibit 2 Wonorejo Surabaya, Sabtu 4 Februari 2023.

Kegiatan ini diikuti Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surabaya bertujuan mewujudkan Kader Muhammadiyah dan bangsa yang kuat aqidahnya, berkarakter dan berakhlak mulia di masa mendatang.

Kepala SMA Muhammadiyah 2 Surabaya Astajab, S.Pd.,MM mengatakan kegiatan Hizbul Wathan Smamda upaya membentuk generasi yang memiliki akidah kuat.

“Generasi yang kuat adalah generasi tahan banting serta menumbuhkan karakter disiplin, jujur, bersih, peduli, mandiri, kreatif, beretika dan berakhlak mulia,” tuturnya.

“Harapannya kedepan menjadi kader Muhammadiyah dan bangsa,” tambahnya.

Sementara itu, Bunda Oktofina Darmaini Hadi, S.Pd Pelatih Hizbul Wathan Qobilah Smamda Surabaya mengatakan kegiatan HW Blok merupakan kegiatan wajib bagi siswa siswi SMA Muhammadiyah 2 Surabaya.

“Kegiatan ini sebagai bentuk pembinaan karakter, leadership, dan menimbulkan rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar,” ujarnya.

Selanjutnya Putri Tokoh HW Jawa Timur Almarhum Ramanda Asmara Hadi yang kerap dipanggil Bunda Fina ini juga memaparkan materi dalam kegiatan Hizbul Wathan Blog Smamda Surabaya.

Diantara materi yang disampaikan Bunda Fina adalah mengenai, pertama thaharah agar Pandu HW mengetahui macam-macam najis dan cara membersihkannya.

“Tujuannya agar mereka mengetahui cara membersihkan najis sehingga mereka dapat melaksanakan ibadah dengan baik khususnya sholat,” paparnya.

Kedua materi membuat makalah, tentang berbagai macam penyakit masyarakat dan cara penanggulangannya, siswa melakukan diskusi dan presentasi dari makalah yang mereka buat tersebut.

“Tujuan dari materi ini adalah agar mereka mengetahui apa itu penyakit masyarakat dengan harapan agar mereka tidak melakukannya,” jelas dia. 

Ketiga, memasak dengan bahan alami. Dengan mengajak siswa memasak sayuran sehat dimana dalam memasak ini tidak diperkenankan menggunakan bumbu racik dan MSG.

Untuk nasi dan lauk para siswa membawa dari rumah. Mereka juga diharuskan menggunakan bumbu alami, kemudian menyiapkan makanan untuk dimakan bersama secara beregu.

“Di sini tujuannya adalah bagaimana cara menyiapkan makanan untuk regu,” ujar Bunda Fina.

Keempat, materi kode kehormatan yaitu mengajak para siswa yang terdiri dari Kelas X ini menghafalkan dan memahami kode kehormatan Hizbul Wathan yang terdapat dalam janji dan Undang-Undang Hizbul Wathan.

Dengan harapan agar mereka dapat mengamalkannya dalam kehidupan.

Terakhir, meteri tali temali yaitu melatih para siswa belajar ketrampilan kepanduan dengan pengenalan 4 macam simpul dasar.

“Secara keseluruhan, kegiatan ini dalam rangka menanamkan karakter pandu yang kuat aqidahnya, akhlaknya mulia, dan berwawasan luas sehingga menjadi pemimpin hebat di masa yang akan datang,” tutupnya. (*)

*Ramanda Salman Al Farisi (Sekretaris Kwarda HW Kota Surabaya)

Editor: Andi 

Red
Redhttp://www.hizbulwathan.or.id
Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan merupakan Organisasi Otonom Persyarikatan Muhammadiyah yang berada di tingkat Pusat, yang mempunyai struktur organisasi dibawahnya terdiri dari Kwartir Wilayah yang berada ditingkat Propinsi, Kwartir Daerah berada di tingkat Kota/Kabupaten, Kwartir Cabang berada di tingkat Kecamatan dan Qabilah berada di amal usaha Muhammadiyah bidang pendidikan (sekolah, pondok pesantren, perguruan tinggi) atau berada di pemukiman warga / tingkat Ranting Muhammadiyah
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments

Lasiman,S.Pd pada Alamat Kantor