One Day Training with Kafilah AR Fachruddin STKIP Muhammadiyah Bogor

0
72

Bogor – Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kafilah AR Fachruddin STKIP Muhammadiyah Bogor mengadakan pelatihan dalam satu hari, dilaksanakan pada hari Ahad (09/01/22).

Kegiatan ini kolaborasi antara program kerja sekretaris Kafilah dengan Bidang Penelitian dan Evaluasi, dengan tema “Penyelarasan Administrasi dan Kecakapan Potensi dalam Desain Grafis”

Tujuan kegiatan ini untuk menyelaraskan administrasi kesekretariaan Hizbul Wathan, dan juga sebagai peningkatan pontensi dalam bidang desain grafis. Kegiatan ini selain di hadiri oleh Pengurus Kafilah AR fachruddin, kami pun mengajak Dewan Krabat Pasukan SMK Muhammadiyah 6 Leuwiliang Bogor untuk bergabung mengikuti pelatihan bersama sama.

Pelatihan ini dibagi menjadi 3 sesi, dengan Narasumber yang luar biasa dan memumpuni dalam bidangnya masing masing. Materi pertama dikomandoi oleh Rakanda Asep Zakaria selaku Sekretaris Dewan Sugli Daerah Kabupaten Bogor, mengisi materi tentang Administrasi Kesekretariatan Hizbul Wathan. Sebagai seorang Sekretaris atau notulen yang harus mencatat point penting dari setiap kegiatan, selain itu tugas sekretaris juga mengurusi daftar hadir serta mengarsipkan surat-surat atau proposal. Adapun dalam menulis surat, sekretaris hizbul wathan memiliki pedoman administrasi yang sudah ditentukan oleh kwartir pusat. Tentunya peraturan dalam penulisan surat tiap organisasi memiliki ciri khasnya masing masing, contoh sederhana perihal administrasi kesekretariatan Hizbul Wathan, stempel diletakkan ditengah-tengah di antara tanda tangan Ketua dan sekretaris Ucap Rakanda Asep Zakaria.

Materi kedua diisi oleh Rakanda Imam Akbari selaku Instruktur Balai Latihan Kerja Komunitas Multimedia dan telah mengikuti Pelatihan Instruktur Multimedia selama 1 bulan dengan memperoleh sertifikat lulusan terbaik tingkat Nasional.

Materi tentang Office operator, Sebagai mahasiswa dalam jaman digitalisasi ini harus melek dalam teknologi, salahsatu nya dalam mempelajari penggunaaan office operator contohnya Microsoft Word, Microsoft Excel dan Power Point. Dalam Microsoft Word diajarkan bagaimana cara penulisan atau membuat makalah dan laporan dengan baik dan rapih. Di Microsoft Excel diajarkan tentang rumus rumus sederhana, sepert sum, range dan lain sebagainya.

Materi terakhir oleh Rakanda Darmawan Muslimianto selaku Purna Tugas Hizbul Wathan STKIP Muhammadiyah Bogor. Sebelum membahas tentang Desain Grafis, Rakanda Darmawan bercerita sedikit tentang kondisi kafilah AR Fachruddin sewaktu dulu, Kondisinya sangat memperihatinkan, dalam segi struktural pun belum rapih apalagi perihal kegiatan yang diadakan. Maka saya selaku Purna Tugas Hizbul Wathan STKIP Muhammadiyah Bogor sangat berterima kasih dan mengapresiasi setinggi tingginya kepada Rakanda Ayunda yang sudah berjuang dari titik nol sampai saat ini Pungkas Rakanda Darmawan

Desain grafis ini ialah komunikasi visual dengan beberapa elemen yang memberikan efek dan biasanya bersifat persuasif. Dalam menyelam dunia desain grafis, kita bisa memanfaatkan aplikasi canva sebagai sumber penghasilan yaitu dengan mendaftar menjadi kontributor sehingga desain yang kita dapatkan bisa digunakan oleh orang lain. Bisa juga digunakan secara gratis dengan menggunakan elemen-elemen premium, caranya yaitu dengan mendaftar canva pendidikan dengan bukti kita sebagai guru atau siswa/mahasiswa yang bisa dibuktikan dengan kartu mahasiswa misalnya.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar, seluruh peserta aktif terlibat dalam pelatihan tersebut. Para peserta mengapresiasi dengan adanya pelatihan administrasi dan desain grafis ini dapat meningkatkan keselarasan administrasi dan mengasah potensi dalam desain grafis. Pelatihan ini disiarkan langsung melalui instagram Hizbul Wathan STKIP Muhammadiyah Bogor. Para peserta berharap, pelatihan ini diadakan kembali secara rutin, agar dapat terus ditingkatkan potensi terutama dalam desain grafis (lena utari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here