Rabu, April 10, 2024
BerandaKABAR HWPidato Milad HW ke-105

Pidato Milad HW ke-105

PIDATO MILAD HW KE-105
KWARTIR PUSAT GERAKAN KEPANDUAN HIZBUL WATHAN
Yogyakarta, 07 Jumadil Akhir 1445 H / 20 Desember 2023 M

Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh

Puji syukur atas kehadirat Allah subhanahu wa ta’ala, yang telah memberikan kenikmatan kepada kita, nikmat iman, nikmat Islam dan nikmat kesehatan dan kesempatan, sehingga di penghujung tahun 2023 , kita masih dapat beraktiftas menyelenggarakan refleksi Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan dalam rangka Milad HW ke-105.

Sholawat dan salam semoga tetap tercurah junjungan kita nabi Muhammad SAW,  keluarganya, para sahabatnya dan para pengikutnya yang istiqomah hingga akhir zaman. Semoga kita termasuk pengikut beliau yang istiqomah dan akan mendapat syafaat beliau di hari akhir.

Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan yang didirikan oleh Kyai Haji Ahmad Dahlan pada tanggal 20 Desember 1918 yang semula bernama Padvinder Muhammadiyah, yg pada tahun 1920 berganti nama menjadi Hizbul Wathan (HW), hingga saat ini HW tetap pesat berkembang di seluruh Indonesia. Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan merupakan metode dakwah Muhammadiyah yang menjadikan masyarakat pada waktu itu tertarik dengan kegiatan Muhammadiyah. Para pemuda dan pemudi berbondong-bondong ikut serta dalam kegiatan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan untuk berlatih menjadi pribadi yang tangguh dan siap membela tanah air Indonesia.

Seperti yang kita ketahui di dalam sejarah perkembangan HW, telah berkali kali “duduk-berdiri” yang akhirnya dibangkitkan kembali sebagai organisasi otonom oleh Muhammadiyah pada tanggal 18 November 1999 dan sebagai penegasan bahwa HW bukan bagian dari Praja Muda Karana, namun Praja Muda Karana adalah bagian historis dari HW, karena apabila tidak ada HW dan Kepanduan lainnya pada waktu itu, maka tidak ada pula Praja Muda Karana.

Sebagai organisasi otonom, HW dan kepanduan lainnya telah diakui keberadaannya oleh Pemerintah melalui Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka yang termaktub pada Bab VIII Pasal 47. Oleh sebab itu, Qabilah, Kwartir Cabang, Kwartir Daerah, Kwartir Wilayah tak perlu ragu menjalankan dakwah Muhammadiyah melalui Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan.

Seluruh Anggota HW yang berbahagia,
Pada hari ini Rabu tanggal 20 Desember 2023, kita memperingati Milad HW yang ke-105, tentu ini menjadi tanggungjawab kita bersama untuk terus mendukung dakwah Muhammadiyah di semua lini kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai organisasi otonom Muhammadiyah, kita harus se-iya, se-kata dan sejalan dengan kebijakan Muhammadiyah, dalam hal kebijakan politik, ekonomi, keagamaan, sosial, kesehatan, seni budaya, dan kemanusiaan.

Sesuai arahan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada Pidato Milad Muhammadiyah ke 111, para pimpinan Persyarikatan di seluruh tingkatan dan lini organisasi dituntut bergerak memajukan Muhammadiyah, serta berkhidmat bagi masyarakat luas. Menjadi pemimpin pergerakan yang menghidupkan etos kemajuan dan pembaruan Muhammadiyah. Menjadi para pemimpin penggerak yang berpikiran, bersikap, dan bertindak utama sejalan Risalah Islam Berkemajuan.

Di usia ke-105 ini, “lompatan jauh” perlu kita lalukan untuk mengikuti perkembangan zaman, lompatan dalam hal administrasi, lompatan dalam hal ekonomi, sosial kemasyarakatan, seni budaya, dan teknik keterampilan kepanduan. Kita harus melakukan perubahan paradigma bahwa HW tidak hanya sekedar kegiatan tepuk tangan dan bersenang-senang semata, namun sebagai wadah mencetak generasi muda yang tangguh secara jasmani dan rohani.

Pasca Muktamar HW ke-4 di Malang, Jawa Timur, seluruh hasil Muktamar telah ditanfidzkan dan dapat di akses di website www.hizbulwathan.or.id, seluruh program yang akan kita kerjakan selama satu periode kedepan perlu segera disosialisasikan ke semua anggota HW di semua tingkatan. Akselerasi regenerasi Pimpinan HW harus segera kita lakukan mulai sekarang, untuk menjaga stabilitas kaderisasi pimpinan di semua tingkatan. Untuk tercapainya program yang akan kita kerjakan dalam satu periode kedepan, selain visi dan misi, perlu adanya kesamaan dalam penyusunan bidang dari tingkat pusat, wilayah dan daerah, yakni terdiri dari (1) Bidang Kajian, Syiar dan Bina Kader Dakwah, (2) Bidang Litbang, Evaluasi, dan Pendidikan Tinggi, (3) Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, (4) Bidang Ekonomi, Bisnis dan Usaha, (5) Bidang Humas dan Teknologi Informasi, (6) Bidang Operasional Lapangan, (7) Bidang Lingkungan Hidup, (8)  Bidang Bina Karya dan Inovasi, (9) Bidang Kesehatan dan Satuan Penolong, (10) Bidang Pemberdayaan dan Kesejahteraan, (11) Bidang Pustaka dan Literasi, (12) Badan Diklat, (13) Biro Kemitraan dan Kerjasama.

Visi kita tentang membangun dan menggerakkan sumber daya kader kita jalankan dengan cara (1) Mengembalikan jati diri HW sebagai gerakan dakwah Muhammadiyah, (2) Menggerakkan potensi sumber daya kader menjadi lebih kreatif dan inovatif, (3) Regenerasi kader untuk mengikuti era global dan digital, (4) Meningkatkan kemandirian melalui bentuk kewirausahaan di dalam maupun diluar HW, (5) Berpartisipasi aktif dalam persoalan kemanusiaan dan lingkungan.

Untuk mencapai lima (5) poin di atas, prioritas program yang akan kita jalankan pada tahun 2024 :
(1) Konsolidasi internal dan sosialisasi jati diri HW di semua tingkatan,
(2) Merumuskan gerakan aksi HW berdasarkan kebutuhan masyarakat,
(3) Mengoptimalkan peran dan fungsi kesekretariatan,
(4) Menginventarisir data base anggota HW;
(5) Menginventarisis potensi dan kekuatan sumber daya yang dimiliki di setiap tingkatan
(6) Terselenggaranya pelatihan kepemimpinan di semua tingkatan di seluruh Indonesia

Kemudian, hal lain yang penting adalah internasionalisasi Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan, melalui ketangguhan HW di Indonesia, kita terus mendorong pendirian HW di seluruh amal usaha Muhammadiyah, termasuk pendirian HW di Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah di luar negeri, ini sebagai komitmen kita berpartisipasi aktif dalam dakwah pencerahan Muhammadiyah di dunia internasional.

Akhirnya, “Menjadi Tangguh”, merupakan tema yang menjadi komitmen kita bersama di dalam Milad HW ke-105 untuk berjalan satu tahun kedapan menuju Milad HW ke-106.
Semoga Allah subhanahu wa ta’ala memberikan keberkahan dan kemudahan kepada kita semua untuk menjalankan amanah yang telah kita terima, yakni amanah menjadi anggota Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan, yang berarti merupakan amanah menjalankan dakwah Muhammadiyah. Amin.

Nasrun minallahi wa fathun qarib,
Fastabiqul Khairaat.
Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Ketua Umum Kwartir Pusat HW,
Aman Suyadi
NBM 764217

Red
Redhttp://www.hizbulwathan.or.id
Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan merupakan Organisasi Otonom Persyarikatan Muhammadiyah yang berada di tingkat Pusat, yang mempunyai struktur organisasi dibawahnya terdiri dari Kwartir Wilayah yang berada ditingkat Propinsi, Kwartir Daerah berada di tingkat Kota/Kabupaten, Kwartir Cabang berada di tingkat Kecamatan dan Qabilah berada di amal usaha Muhammadiyah bidang pendidikan (sekolah, pondok pesantren, perguruan tinggi) atau berada di pemukiman warga / tingkat Ranting Muhammadiyah
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments

Lasiman,S.Pd pada Alamat Kantor