Ramanda Endra : Agenda Strategis Hizbul Wathan, dari Regenerasi Hingga Literasi Media

0
56
Dok : Kwartir Pusat HW dalam acara QnA tahun 2019

HIZBULWATHAN.OR.ID, YOGYAKARTA – Kiprah Kwarwil HW Jawa Timur dalam mendidik dan menyiapkan generasi muda lewat peran nyata Dewan Sughli mendapat apresiasi Kwartir Pusat Hizbul Wathan. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan, Ramanda Endra Widyarsana dalam sambutan Pembukaan Rapat Hizbul Wathan Jawa Timur, pada Sabtu (10/4/2021).

“Kwartir Pusat berterimakasih dan mengapresiasi Kwartir Wilayah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Jawa Timur, yang cepat menindaklanjuti Tanwir ke-2 HW, dengan menyelenggarakan pertemuan Rapat Kwartir bersama Kwartir Daerah HW se-Jawa Timur,” kata Ramanda Endra.

Endra mengatakan, setelah Tanwir ke-2 HW pada Februari 2021 secara virtual, banyak jajaran muda yang masuk kedalam Anggota (Pimpinan) Kwartir Pusat. Hal ini menurut Ramanda Endra sangat penting sebagai proses regenerasi di Kepanduan Hizbul Wathan.

“Di sisi lain kondisi kekinian hanya bisa dilakukan oleh generasi muda. Maka peran serta generasi muda di Hizbul Wathan sangat strategis,” lanjut Ramanda Endra dalam sambutannya.

Lebih jauh Ramanda Endra mengatakan, regenerasi tidak lantas meninggalkan generasi tua (senior) di Hizbul Wathan tetapi kolaborasi antara generasi muda dan tua sehingga keberadaan Hizbul Wathan semakin sinergis dalam mengembangkan kepanduan.

“Ada beberapa isu pokok internal yang bisa diampu oleh anak muda. Maka dari itu regenerasi sangat penting, tetapi tidak meninggalkan generasi tua karena tetap memberi tempat,” kata Ramanda Endra.

Menurut Ramanda Endra, peran serta generasi muda di Hizbul Wathan akan banyak mendukung dan mengembangkan sehingga Hizbul Wathan benar-benar menjadi organisasi otonom Muhammadiyah yang terbesar.

Dalam kesempatan yang sama Ramanda Endra juga menyampaikan mengenai geliat Hizbul Wathan yang perlu didukung bersama demi perkembangan dan kemajuan Hizbul Wathan.

Pertama, pentingnya literasi media. Keberadaan teknologi informasi dan media saat ini menjadi sangat penting, di dukung teknologi informasi dan literasi media agar keterbatasan bisa diatasi.

“Literasi media harus terus dikembangkan, sehingga perlu dukugan generasi muda di HW. Juga harus didukung oleh pemberitaan seperti media-media internal yang seperti pwmu.co dan media internal lainnya,” kata Ramanda Endra.

Kedua, geliat ekonomi. Ramanda Endra mengatakan, geliat ekonomi harus terus dipacu untuk mendukung keberlangsungan Kepanduan Hizbul Wathan. “Saat ini di Kwartir Pusat sudah ada Pusat Kedai HW selanjutnya akan didukung dengan keberadaan koperasi,” kata Ramanda.

Ketiga, isu kepanduan secara integral. Ramanda Endra optimis kedepan Hizbul Wathan mampu berdiri dan berada di semua level provinsi termasuk di tingkat Qobilah yang ada di level Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA).

“Dengan isu kepanduan yang integral ini, Hizbul Wathan akan semakin berkembang dan punya pengaruh yang kuat,” kata Ramanda Endra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here