Ikut Membedayakan Desa Hizbul Wathan Unimuda Sorong Mendapat Kepercayaan Kemendikbud RI

0
21
Kafilah Hizbul Wathan Jenderal Sudirman Unimuda Sorong. Foto: Screenshot ig Unimuda

SORONG – Hizbul Wathan Kafilah Jenderal Sudirman Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda)  Sorong, Papua Barat kembali mengharumkan nama Kampus Unimuda serta Masyarakat Sorong setelah kali kedua lolos Progam bergengsi di Kompetisi Tingkat Nasional.

Tahun Lalu Kafilah Hizbul Wathan Jenderal Sudirman telah lolos Pendanaan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) serta dinyatakan sebagai Peserta Terbaik Nasional oleh Kemendikbud RI bersama 20 peserta lain.

Tahun 2021 Kafilah Hizbul Wathan Jenderal Sudirman kembali berhasil meyakinkan para reviewer untuk memperolah kompetisi Progam Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D).

Program ini merupakan kegiatan pembinaan dan pemberdayaan desa menuju tahap paripurna guna menindaklanjuti beragam hasil kegiatan pembinaan dan pemberdayaan desa yang telah dilakukan oleh organisasi mahasiswa dimana tahun sebelumnya telah melakukan pembedayaan di desa yang sama.

Ucapan Selamat Prestasi Mahasiswa Unimuda termasuk Kaflah HW Jenderal Sudirman Unimuda.

Atas prestasi ini, Ramanda Sirojjduddin Ketua Kwartir Wilayah Hizbul Wathan Papua Barat mengaku sangat bangga kepada Kafilah Hizbul Wathan Unimuda Sorong. Menurutnya, hal yang dilakukan menjadi impelementasi Undang Undang Pandu Hizbul Wathan dengan wujud nyata memberikan etalase bagi pemberdayaan desa.

“Apalagi peran mahasiswa terutama dalam P3D merupakan implementasi kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM) dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat, proyek kemanusiaan, penerapan kewirausahaan  atau socio-preneurship dan proyek di desa untuk membangun berbagi sektor kehidupan masyarakat,” kata Ramanda Sirojjudin, pada (28/6/2021).

Lebih jauh Ramanda Sirojjudin berharap adanya prestasi lewat progam pegabdian dapat menjadi pilihan kegiatan dalam Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka yang diakui kreditnya sebagai pemenuhan satuan kredit semester (SKS) oleh pimpinan perguruan tinggi.

“Semoga dengan prestasi yang dihadirkan Kafilah Hizbul Wathan Jenderal Sudirman ini dapat dijadikan contoh oleh para kader Hizbul Wathan di seluruh Indonesia untuk terus ikut membangun desa di daerahnya masing-masing,” kata Ramanda Sirojjodin memotivasi.

Selain Kafilah Hizbul Wathan Jenderal Sudirman, di Unimuda Sorong ada juga BEM FST yang juga mendapatkan prestasi dan pendanaan serupa.

*Sumber: Kwarwil HW Papua Barat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here