Menguatkan Kepanduan Hizbul Wathan Melalui Pelatihan Leadership dan Administrasi Keuangan

0
2

BOGOR – Jalannya organisasi sangat bergantung pada adanya sosok pemimpin dan administrasi. Kedua hal ini menjadi dasar yang penting bagi organisasi, termasuk bagi Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) Kafilah Penuntun AR Fachruddin STKIP Muhammadiyah Bogor.

Maka, untuk mendukung berjalannya organisasi HW Kafilah Penuntun AR Fachruddin STKIP Muhammadiyah Bogor mengadakan Pelatihan Leadership dan Administrasi Keuangan untuk para anggota Hizbul Wathan.

Pelatihan tersebut diadakan pada Sabtu, (6/06/2022) dengan tema “Aktualisasi Jiwa Pemimpin Menuju Optimalisasi Pergerakan”. Pelatihan diadakan secara offline di Aula Kampus 1 STKIP Muhammadiyah Bogor dan disiarankan langsung melalui instagram sebagai ajang dakwah melalui media soial.

Pelatihan diselenggarakan dengan dua materi, yaitu materi pertama Administrasi Keuangan yang disampaikan oleh Ibunda Teti Suletri (Bendahara Kwartir Daerah Hizbul Wathan Kabupaten Bogor).

Dalam penyampaian materinya, ia menjelaskan pentingnya administrasi keuangan beserta dengan poin-poin yang perlu dipelajari didalamnya. Ia berpesan kepada Pandu Hizbul Wathan, untuk  tetap setia pada setiap proses yang harus dilalui, karena hal itu akan mematangkan kita dan berbuah manis pada akhirnya.

Selanjutnya materi kedua yaitu Leadership (Kepemimpinan) disampaikan Ramanda Agus Sanusi. Dalam meterinya Ramanda Agus menyampikan materi dengan apik, mulai dari teori serta keteladaan kepemimpinan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

“Kepemimpinan adalah seni mempengaruhi orang lain dan keberhasilan seorang pemimpin adalah menuntaskan progam kerja dan juga melahirkan pemimpin baru” pesannya.

Selama kegiatan berlangsung, pelatihan berjalan lancar, antusias para peserta dalam menyimak dan juga berdiskusi. Lewat pelatihan ini, Hizbul Wathan Kafilah Penuntun AR Fachruddin akan senantiasa membentuk kader dengan jiwa kepemimpinan yang tangguh serta tertib dalam administrasi untuk kedepannya.

Penulis : Edo Darmana Manggala Putra

Editor : Andi Mahfuri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here