Diklat Hizbul Wathan, Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila dan Beretika Saat di Hutan

0
1

SURAKARTA – Bertepatan Hari Pancasila pada, 1 Juni 2022, Kafilah Hizbul Wathan Penuntun Moh Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) adakan Diklat Lanjutan dan Instruktur di kawasan hutan Karanganyar.

Lewat kegiatan Diklat ini, ada 16 peserta dan 13 peserta Diklat Instruktur yang siap dilepas untuk melanjutkan pendidikan dan pelatihan selanjtunya. Kegiatan dilakukan dengan Upacara Pelepasan yang dilaksanakan di Lapangan Psikologi Kampus 2 UMS. Sedang untuk kegiatannya berlangsung selama 7 hari. Mulai dari tanggal 1 – 8 Juni 2022.

Adapun lokasi yang menjadi Diklat adalah tiga titik yaitu, Tlogo Dlingo, Tebing Bandardawung, Waduk Mulur. Uniknya, pelepasan peserta Diklat Lanjutan dan Diklat Instruktur kali ini bertepatan dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila.

Karena bertepatan dengan Peringatan Lahirnya Pancasila tersebut, peserta diharapkan untuk selalu semangat, mengokohkan kembali komitmen untuk bersama mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, nilai toleransi, saling menghormati, bergotong royong, menjaga persatuan dan kesatuan dalam memajukan HW UMS.

Ada tangis haru ketika upacara pelepasan telah usai. Pundak mereka semakin berat serta harus kuat. Selain membawa nama masing-masing, mereka juga membawa nama instansi. Diklat juga melatih peserta tentang beretika di hutan, kekeluargaan dalam segala hal serta solidaritas kepada sesama.

Ketua Kafilah Putra HW UMS, Rakanda M. AlFatich Dahlan Saliem Nugroho menyampaikan pesan kepada para peserta diklat untuk senantiasa menjaga kesehatan keselamatan dan juga dapat menjadi kader yang militan.

“Keselamatan yang paling utama. Selamat dari apapun itu berhati hati jaga kesehatan. Ini tidak hanya mencari ilmu saja, mencari kehidupan, serta pengalaman. Dan menemukan suatu hal yang unik. Unik dalam segala hal, baik ilmu pengetahuan maupun kehidupan. Pendidikan ini ada capaian capaian tersendiri. Pra dan pasca pendidikan sudah memiliki capaian capaian sendiri. Kami harap semua peserta diklat ini menjadi kader militan yang cakap solid dan cekatan,” ujar Rakanda M. AlFatich Dahlan Saliem Nugroho.

Dengan tema cakap, solid, cekatan yang diusung dalam Diklat ini diharapkan para peserta dapat mempunyai kemampuan menguasai, handal dan ahli pada semua ilmu di Medan Diklat, semakin kuat kekeluargaannya, semakin cinta HW UMS, tidak membedakan antar angkatan. Semakin bisa saling menguatkan, menyemangati dan bahu membahu memajukan HW UMS, dan dapat mengerjakan tugas, kewajiban dan amanah yang di berikan kepadanya dengan waktu yang efektif dan efisien. (*)

*Dita Fitri Wati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here