Kamis, Mei 23, 2024
BerandaKABAR HWMuktamar HW ke-4, Kukuhkan Soedirman sebagai Bapak Pandu hingga Rumuskan Hizbul Wathan...

Muktamar HW ke-4, Kukuhkan Soedirman sebagai Bapak Pandu hingga Rumuskan Hizbul Wathan Mendunia

Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan akan melaksanakan Muktamar Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan ke-4 pada tanggal 26 – 29 Juli 2023 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kota Malang, Jawa Timur.

Muktamar yang merupakan forum permusyawaratan tertinggi di Hizbul Wathan tersebut bakal mengusung tema “Menggerakan Sumber Daya Membangun Kader Utama”.

Ketua Umum Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan, Endra Widyarsono mengatakan tema yang diusung di Muktamar Hizbul Wathan ke-4 kali ini adalah dalam rangka menjawab tantangan perubahan.

“Tema yang kita usung, Menggerakan Sumber Daya Membangun Kader Utama adalah wujud Hizbul Wathan ingin menghadirkan perubahan,” kata Endra saat Konferensi Pers Syiar Muktamar HW ke-4 bersama Wartawan pada, 24 Juli 2023.

Lebih jauh, kata dia tema yang dipilih dalam Muktamar HW ke-4 selaras dengan harapan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Terlebih, Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan, atau lebih dikenal Hizbul Wathan disingkat HW merupakan organisasi otonom di Persyarikatan Muhammadiyah yang bergerak di bidang kepanduan.

“Menitikberatkan tema sumber daya, kita akan melibatkan generasi muda, generasi milenial untuk lebih banyak di Hizbul Wathan khususnya untuk menghadapi era disruption,” ujarnya.

Pegiat Pendidikan sekaligus Guru ini menambahkan, momentum Muktamar HW ke-4 akan mengukuhkan Soedirman sebagai Bapak Pandu Hizbul Wathan.

“Kita ingin, Soedirman bukan saja dikenal sebagai Bapak TNI, tetapi juga Bapak Pandu Hizbul Wathan,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Sekretaris Umum, Muhammad Zairin bahwa Muktamar HW ke-4 akan mengukuhkan Soedirman sebagai Bapak Pandu Hizbul Wathan.

“Pengukuhan ini, akan dilakukan PP Muhammadiyah pada saat pembukaan Muktamar,”ujarnya.

Menurut Zairin, kiprah Soedirman muda memang tidak bisa dilepaskan dari Hizbul Wathan dimana ia dididik, dilatih disiplin, dan menjadi pemimpin saat menjadi seorang pandu HW.

Pria asal Palembang ini menambahkan selain pengukuhan Soedirman sebagai Bapak Pandu HW, Muktamar HW ke-4 adalah momentum Hizbul Wathan untuk mendunia.

“Sudah ada rintisan HW ingin berdiri di Malaysia, nanti di Muktamar HW akan dirumuskan bagaimana keterlibatan HW di kancah global,” ujarnya.

Selain merumuskan program periode mendatang, Muktamar HW ke-4 di Kota Malang bakal menetapkan Ketua Umum Kwartir Pusat HW untuk periode 2023-2028. (*)

*Press Release: Temu Wartawan Syiar Muktamar HW ke-4 pada Senin, 24 Juli 2023

Red
Redhttp://www.hizbulwathan.or.id
Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan merupakan Organisasi Otonom Persyarikatan Muhammadiyah yang berada di tingkat Pusat, yang mempunyai struktur organisasi dibawahnya terdiri dari Kwartir Wilayah yang berada ditingkat Propinsi, Kwartir Daerah berada di tingkat Kota/Kabupaten, Kwartir Cabang berada di tingkat Kecamatan dan Qabilah berada di amal usaha Muhammadiyah bidang pendidikan (sekolah, pondok pesantren, perguruan tinggi) atau berada di pemukiman warga / tingkat Ranting Muhammadiyah
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments

Lasiman,S.Pd pada Alamat Kantor