Rabu, April 17, 2024
BerandaKABAR HW131 Peserta Hizbul Wathan FAI UMJ Dilatih Orientasi Singkat, Berikut Tujuannya

131 Peserta Hizbul Wathan FAI UMJ Dilatih Orientasi Singkat, Berikut Tujuannya

TANGERANG SELATAN, HIZBULWATHAN.OR.ID –  Fakultas Agama Islam (FAI) bekerjasama dengan Qabilah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Universitas Muhammadiyah (UMJ) adakan kursus orientasi singkat.

Kegiatan ini dilaksanakan pada, Ahad 23 Juli 2023 diikuti 131 dari mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FAI UMJ. 

Berlangsung dari Pukul O7.00 sampai jam 19.00. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan I FAI Busahdiar, MA, Ketua Prodi PAI Adlan Fauzi Lubis. M.Pd.I,  Kaprodi PGMI Fatma Nurmalia. M.Pd dan Ketua Qobilah Putri UMJ Dr. Sri Immawati. M.Pd. serta narasumber kursus orientasi singkat HW Bunda Dr. Mas Roro Diah Wahyu Lestari. M.Pd, Ramanda Sumardi, M.Pd dan Ramanda, Rinanto, S.Ag.

Orientasi ini disambut baik Wakil Dekan I FAI UMJ, Busahdiar, MA. Ia berharap kegiatan yang dijalankan bukan sekedar kewajiban tugas perkuliahan. Namun lebih jauh kegiatan bisa membentuk karakter disiplin mahasiswa.

“Siapa yang tidak sholat subuh hari ini tidak lulus kegiatan HW,” ujarnya saat memberi sambutan acara tersebut. 

Ia mencontohkan sosok Jenderal soedirman sebagai tokoh  HW memberikan contoh teladan bagaimana kader Muhammadiyah dan Kader HW. Termasuk tidak lepas sholatnya.  

Adapun tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Membangun Kader Utama yang Unggul dan Berkemajuan”.

“Tema kegiatan orientasi HW ini sangat bagus untuk diimplementasikan dalam kehidupan mahasiswa sekaligus menjadi spirit perjuangan mahasiswa sebagai kader HW di masa mendatang,” tambahnya.

Kader utama yang unggul dan berkemajuan adalah orang Muhammadiyah yang mampu memberikan kontribusi tinggi dan memberikan solusi bagi persoalan bangsa dan negara. 

Menutup sambutannya Busahdiar, MA menegaskan bahwa kegiatan ini wajib diikuti oleh peserta sejak awal sampai akhir tidak ada satu sesi kegiatan yang terlewat. 

“Karena satu sisi saja terlewat, maka tidak lulus kegiatan ini,”imbuhnya.

Apresiasi yang sama disampaikan Kaprodi PAI Adlan Fauzi Lubis. Menurutnya kegiatan HW mampu dijadikan sebagai wadah untuk berfastabiqul khairat. 

“Melalui kegiatan hw ini diharapkan muncul kader-kader Muhammadiyah yang mampu melanjutkan perjuangan dakwah dan spirit Muhammadiyah dimana akhlak dan karakter semakin merosot pada kalangan muda,” ujarnya. 

Adlan Fauzi Lubis berharap para peserta kegiatan HW dapat menjadi kader-kader Muhammadiyah yang selalu memberikan pencerahan kepada umat dan selalu memberikan manfaat kepada umat. 

“Karena sebaik-baiknya kader Muhammadiyah adalah yang banyak memberikan manfaat kepada umat. Begitu kata nabi, imbuh Adlan Fauzi Lubis,”tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Bunda Dr. Sri Immawati. M.Pd, Ketua Qobilah HW Putri menyampaikan HW adalah adalah ciri khas gerakan kepanduan dari Muhammadiyah. 

Untuk itu, mahasiswa prodi pendidikan di UMJ wajib memahami HW sebagai calon guru. Apalagi nantinya mengajar di pendidikan dasar dan menengah di Muhammadiyah.  

“Karena pada pendidikan dasar dan menengah Muhammadiyah semuanya memiliki kegiatan HW baik sebagai intrakurikuler atau ekstrakurikuler,” ujarnya.

Lebih jauh Dosen PGSD ini berharap, kegiatan HW dapat memberikan perubahan bagi mahasiswa.

“Perubahan bukan hanya sebatas kognitif saja tetapi juga dari aspek perilaku dan keterampilan mahasiswa dalam kegiatan Hizbul Wathan,” imbuhnya. (*)

*Ramanda Antok Janaka 

Red
Redhttp://www.hizbulwathan.or.id
Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan merupakan Organisasi Otonom Persyarikatan Muhammadiyah yang berada di tingkat Pusat, yang mempunyai struktur organisasi dibawahnya terdiri dari Kwartir Wilayah yang berada ditingkat Propinsi, Kwartir Daerah berada di tingkat Kota/Kabupaten, Kwartir Cabang berada di tingkat Kecamatan dan Qabilah berada di amal usaha Muhammadiyah bidang pendidikan (sekolah, pondok pesantren, perguruan tinggi) atau berada di pemukiman warga / tingkat Ranting Muhammadiyah
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments

Lasiman,S.Pd pada Alamat Kantor