Peran Kwartir Daerah Hizbul Wathan Jember dalam Pencegahan Covid-19

0
7
Tim Hizbul Wathan Jember saat membagikan takjil kepada warga bersama Lazismu. Dok: Lazismu Jember 2020

HIZBULWATHAN.OR.ID, JEMBER – Di awal masa kemunculan pandemi Covid-19 Kwartir Daerah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) Kabupaten Jember sudah aktif dalam pencegahan dan menyebarnya Covid-19 terutama di Jember, Jawa Timur.

Hizbul Wathan (HW) selain berkoordinasi intensif dengan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Jember juga aktif dalam upaya edukasi dengan melakukan kampanye di media sosial dan kampanye langsung ke warga dan komunitas.

“Sejak awal Hizbul Wathan Jember bergabung dengan MCCC dan terjun langsung untuk menyukseskan peran pencegahan Covid-19 di Jember. Yang kami lakukan diantaranya kampanye lewat media sosial dan edukasi langsung ke warga serta komunitas masyarakat,” kata Ramanda Zulmi Aziz Fahruzi, Ketua Kwartir Daerah HW Jember, pada Sabtu (3/4/2021).

Kegiatan lain yang pernah dilakukan kata Ramanda Zulmi Aziz diantaranya memberikan takjil kepada masyarakat terdampak Covid-19 serta kampanye intensif ke masyarat akan pentingnya protokol kesehatan.

Kendatipun masa pandemi, Ramanda Zulmi Aziz mengatakan Hizbul Wathan di Jember tetap bergerak melaksanakan kegiatan-kegiatan dengan memanfaatkan teknologi informasi sehingga pembinaan karakter tetap berjalan.

“Pembinaan karakter di Hizbul Wathan lewat Qobilah-Qobilah yang ada harus terus dilakukan sekalipun di masa pendemi,” kata Ramada Zulmi Aziz.

Ramanda Zulmi Aziz juga mengatakan pihaknya dalam waktu kedepan akan terus kampanyekan pencegahan Covid-19 diantaranya ikut menyukseskan vaksinasi sebagai salah satu bentuk pencegahan.

“Kampanye vaksinasi dilakukan lewat media sosial dengan sasaran anak muda. Kalau untuk masyarakat dan komunitas Hizbul Wathan bersama MCCC terjun langsung,” katanya menambahkan.

Terakhir Ramanda Zulmi Aziz meminta vaksinasi harus didukung dengan menjalankan protokol kesehatan dengan melaksanakan 5 M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here