Pertama Kali Kwartir Daerah HW Kota Tangerang Selatan Laksanakan Jaya Melati 1

0
63

Tangerang Selatan – Empat puluh Guru Sekolah Muhammadiyah dari 15 sekolah se-Kota Tangerang Selatan mengikuti Pelatihan Jaya 1 yang dilaksanakan Kwartir Daerah HW Kota Tangerang Selatan di Perguruan Muhammadiyah Setiabudi Pamulang. (Sabtu, 02/02/2022).

Meningkatnya kebutuhan Pelatih Hizbul Wathan di sekolah-sekolah Muhammadiyah di Kota Tangerang Selatan menggugah semangat Kwartir Daerah HW Kota Tangerang Selatan untuk menyelenggarakan Pelatihan Jaya Melati 1 yang pertama kalinya.

Pelatihan Jaya Melati 1 merupakan hasil dari kunjungan Pengurus Kwartir Daerah HW ke sekolah-sekolah Muhammadiyah di daerah Kota Tangerang Selatan.  Pelatihan ini dilaksanakan secara daring selama 5 hari dengan sistem kredit, yaitu setiap hari Sabtu, dalam kegiatan jaya melati satu ini ada dua sesi yang di terapkan, sesi ruang secara daring selama 4 kali pertemuan dan sesi lapangan Penjelajahan selama satu hari.

Mengetahui banyaknya manfaat dari Pelatihan jaya melati satu ini, Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan  Kwarti Daerah Kota Tangerang Selatan  bergegas melakukan permohonan naskah usulan kegiatan (NUK) Jaya Melati 1 (JATI 1) kepada Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan.

Sangat beruntung, Naskah Usulan Kegiatan Jaya Melati Satu ini disetujui oleh Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Pada awal Februari 2022. Ramanda Dolay dalam statementnya menyatakan bahwa sebagai Kwartir Daerah yang berada di sekitar ibu kota harus menjadi pelopor dan rujukan kwartir daerah lain di wilayah Banten agar implementasi maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah bisa dilaksanakan dan berkembang diseluruh amal usaha Muhammadiyah.

Setelah proses administrasi pengajuan Naskah Usulan Kegiatan ke Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan selesai, Kwartir Daerah HW Kota Tangerang Selatan  memutuskan melaksanakan Pelatihan Jaya Melati 1 pada hari Sabtu, 12 Februari sampai dengan 6 Maret 2022. Kegiatan ini dipandu oleh Ramanda Nurhasan Rais sebagai Supervisor, Pemimpin Pelatihan Ramanda Moh. Asnan, Ramanda Rinanto Sekretaris Pelatihan, dan anggota Ramanda Sumardi, Ayunda Sri Immawati dan Ramanda El Firdaus selaku tim Pelatih Nasional yang di Tugaskan oleh Kwarti Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan.

Pelatihan ini dihadiri oleh Ketua Pimpinan Daerah Kota Tangerang Selatan, Dr. H. Burhanudin Yusuf, MM.,  Pimpinan Cabang Muhammadiyah Ciputat Bapak Ramidi, Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Banten Dr. H. Burhanudin Yusuf, MM dalam sambutannya menyambut gembira dengan diselenggarakannya Pelatihan Jaya Melati 1 ini untuk guru-guru di sekolah-sekolah di seluruh Daerah Kota Tangerang Selatan. Hal ini merupakan proses pengkaderan Persyarikatan Muhammadiyah melalui ortom Gerakan kepanduan Hizbul Wathan yang lahir pada tahun 1918, bahkan lebih jauh daripada lahirnya Negara Indonesia.

Kegiatan Pelatihan Jaya Melati 1 pada hari ke empat sebagai berikut: 1) Upacara Pembukaan, 2) PBB, 3) Sandi dan Semaphore, 4) Simpul dan Ikatan, 5) Lagu-lagu HW dan Permainan, 6) Sasaran Pengembangan Pelatihan, 7) Kode Kehormatan Pandu, 8)  Upacara sebagai alat pendidikan, 9) Teknik Berkemah, 10) Pentas Seni. Karena masih di masa pandemi tim pelatih yang hadir wajib mematuhi standar protokol kesehatan, scan barcode, cek suhu, memakai masker, tempat duduk berjarak dan meminimalkan komunikasi dua arah.

Beberapa manfaat dari kegiatan ini yaitu: pertama sebagai legalitas yang menyatakan peserta pelatihan memiliki hak sebagai pelatih tingkat qobilah, momentum silaturrahmi, pelaksanaan program kerja kwartir daerah, dan sosialisasi tentang pendidikan kepanduan di Qobilah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan dan syi’ar Persyarikatan Muhammadiyah melalui ortom Hizbul Wathan.

Kontributor : Rinanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here