Hizbul Wathan Libatkan Peserta Didik Berkarya Ditengah Pandemi

0
10
Ketua Umum Kwarpus HW, Ramanda Endra saat memperlihatkan buku karya orangtua/wali dari salah satu Qobilah Hizbul Wathan.

YOGYAKARTA – Hizbul Wathan sebagai organisasi kepanduan di Persyarikatan Muhammadiyah terus terlibat aktif mengawal gerakan vaksinasi yang dilakukan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) untuk 4 juta lebih warga dan masyarakat termasuk dari umat beragama lain.

Tidak hanya mengawal gerakan vaksinasi, saat ini Kwartir Pusat Hizbul Wathan (Kwarpus HW) juga mengawal perilaku terhadap kebiasaan baru di masa pandemi. Hal ini dilakukan lewat peran Qobilah Hizbul Wathan yang berada di Sekolah atau Amal Usaha Muhammadiyah (AUM).

“Tidak hanya ikut menyukseskan gerakan vaksinasi tetapi ikut mengawal perilaku terhadap kebiasaan baru. Maka kami membentuk agen-agen itu dari tingkat kwartir pusat, wilayah, daerah, cabang, hingga sampai ke qobilah,” kata Ramanda Endra Widyarsono, Ketua Umum Kwarpus HW, pada (26/8/2021).

Salah satu hal sukses dalam mengawal perilaku tersebut, disampaikan Ramanda Endra dalam Acara di Radiomu ‘Ngopi Bareng Den Budi’, pada Kamis (26/8/2021) adalah membuat para peserta didik yang berada di Qobilah untuk produktif berkarya ditengah pandemi.

“Sejak awal pandemi, kita sudah memilih Qobilah untuk mengajak para peserta didik itu menuliskan pengalamannya selama pandemi. Harapan kita, para peserta didik itu tidak hanya mendapatkan pengalaman sedih dan saat pandemi tetapi menjadikan pandemi momentum berkreasi dan berkarya,” kata Ramanda Endra paparanya yang disaksikan lewat kanal Youtube Radio Muhammadiyah.

Tulisan dari para peserta didik itu kemudian dibukukan menjadi sebuah karya antologi. Tidak hanya melibatkan peserta didik ternyata Qobilah tersebut juga melibatkan orangtua/wali untuk ikut berpartisipasi melahirkan karya antologi esai yang dibukukan menjadi buku berjudul “Monumen Pandemi”.

“Karya yang ditulis para orangtua (wali) peserta didik melibatkan 100 partisipan. Bahkan buku antologinya sudah dibedah oleh Bidang Perencanaan dan Pengembangan Mutu  Pendidikan (BPBD Disdikpora Provinsi DIY,” kata Ramanda Endra melanjutkan penyampaiannya.

Atas capaian dan kesuksesan mengawal perilaku baik di masa pandemi lewat karya Antologi Esai, Ramanda Endra beharap kebaikan dapat di contoh Hizbul Wathan di seluruh Indonesia. Dan dalam prosesnya Kwartir Pusat Hizbul Wathan akan ikut merintis ini agar bisa ikut meningkatkan imun lewat karya di masa pandemi. (*Andi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here