Kemah Besar Hizbul Wathan Songsong Muktamar 48 Muhammadiyah ‘Aisyiyah

0
1
Kemah Besar Hizbul Wathan Tingkat Pengenal Se-Sumbar di Tiger Camp, Lubuk Minturun Kota Padang.

PADANG – Kwartir Wilayah Hizbul Wathan Sumatera Barat (Sumbar) telah sukses mengadakan Kemah Besar Hizbul Wathan Tingkat Pengenal Se-Sumbar pada Jum’at-Ahad, (26-28/8/2022). Perkemahan tersebut diikuti 300 orang peserta ini berlangsung selama 3 hari di Tiger Camp, Lubuk Minturun Kota Padang.

Kemah yang dilaksanakan juga dalam rangka songsong Muktamar ke-48 Muhammadiyah ‘Aisyiyah serta Muktamar ke-4 Hizbul Wathan ini dibuka langsung oleh Ketua Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan, Ramanda Endra Widyarsono.

“Kemah di Sumbar ini sebagai pelopor kemah Hizbul Wathan setiap kota di Indonesia untuk songsong Muktamar ke-48 Muhammadiyah ‘Aisyiyah dan Muktamar ke-4 Hizbul Wathan. Dimulai dari sebelah barat Indonesia,” kata Ramanda Endra dalam sambutannya.

Ramanda Endra berharap kedepan setiap agenda yang dilakukan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan di setiap kota atau kabupaten di seluruh Indonesia untuk songsong Muktamar ke- 48 Muhammadiyah ‘Aisyiyah dan Muktamar ke-4 Hizbul Wathan.

Sementara itu, Ramanda Apris, Ketua Kwarwil HW Sumbar menyebutkan kemah besar memiliki tujuh cabang perlombaan yaitu: MTQ, Shalat Jenazah, Pionering, Morse, Semapore, Yel-yel dan Tadabur Alam yang dibagi menjadi putra dan putri dengan memperebutkan 42 trofi per cabang perlombaan serta 6 trofi juara umum dan 2 tropi bergilir.

Keluar sebagai juara umum putra adalah Qabilah Ponpes Mu’alimin Muhammadiyah Sawah Dangka Bukit Tinggi dan sekaligus memperoleh trofi bergilir Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumbar.

Sedangkan juara umum putri adalah Qabilah Ponpes Al-Kautsar Muhammadiyah Tanjung Pati, Kabupaten LimaPuluh Kota dengan memperoleh trofi bergilir Kwarwil HW Sumbar.

“Hizbul Wathan harus meneladani jejak perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman sebagai kader dan tokoh Muhammadiyah. Jenderal Soedirman selama ini telah berjuang dan berjasa bagi Indonesia,” kata Ramanda Nurman Agus, Sekretaris PWM Sumbar memotivasi para peserta kemah besar.

Kegiatan Kemah Besar ditutup secara resmi oleh Ketua Umum Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan, Ramanda Endra Widyarsono.

Dalam sambutannya, Ramanda Endra menyampaikan harapan agar kader-kader HW tingkat Pengenal ini, selalu meningkatkan kesungguh-sungguhannya dalam menuntut ilmu dan melatih diri dalam berbagai keterampilan, sebagai bekal dalam menghadapi samudera kehidupan yang semakin kompleks dan besar tantangannya saat ini. (*)

*Kontributor: Arif Budiman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here