Menyambut Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah, HW Banyuwangi Gelar Perkemahan

0
1

Banyuwangi – Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah yang akan digelar pada tanggal 18 – 20 November 2022 di Surakarta, membawa gelora semangat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) di Kabupaten Banyuwangi. Bertempat di Lapangan Ruang Terbuka Hijau Singojuruh, Kwartir Daerah HW Banyuwangi menyelenggarakan Perkemahan Anak dan Remaja tingkat Pengenal dan Penghela pada hari Sabtu (15/10).

Perkemahan yang digelar di akhir pekan, dimaksudkan untuk mengisi hari libur para pandu HW golongan Pengenal dan Penghela, dan juga bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang perjuangan Muhammadiyah dan keterampilan untuk para peserta.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Kwartir Daerah HW Banyuwangi, “Kegiatan Kemah Akhir Pekan (Kemahiran) diselenggarakan dalam rangka menyambut Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah, dan mengobati ras rindu untuk berkemah pasca serangan covid-19. Selain memperkuat tali persaudaraan dan menggelorakan semangat ber-Muhammadiyah dan semangat ber-HW di kalangan anggota didik, keterampilan juga kita berikan kepada para peserta, guna memberikan pengalaman dan wawasan anggota didik kita”, ungkap Ramanda Fajri.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah HW Kabupaten Banyuwangi Ramanda Abdur Rohim menyampaikan dalam sambutannya bahwa, “Perkemahan ini di ikuti oleh Pandu HW tingkat Pengenal setingkat SD dan SMP dan Pandu HW tingkat Penghela setingkat SMA/SMK, jadi ada 43 sekolah se-kabupaten Banyuwangi dengan total peserta sebanyak 650 orang,” terangnya.

Ramanda Abdur Rohim menambahkan,”dalam kegiatan perkemahan selain keterampilan dan pengetahuan, akan dikenalkan atribut HW mulai dari pengenal sampai Penghela, karena beberapa sekolah Muhammadiyah masih belum menggunakan seragam HW dan masih ada yang belum mengenal HW secara utuh. Selain itu kita akan melaksanakan bakti sosial bersih-bersih di sekitar area perkemahan, mulai dari kantor kecamatan sampai ke balai desa”, jelasnya.

Wakil Bupati Banyuwangi H. Sugirah, S.Pd., M.Si., hadir membuka kegiatan tersebut. Hadir pula Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Mukhlis, Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik M. Lutfi, dan Camat Singojuruh Bambang Santosa.

Wakil Bupati menilai, koordinasi dan kerjasama yang baik antara Kwartir Daerah Hizbul Wathan Banyuwangi dengan instansi pemerintah dan masyarakat akan mewujudkan stabilitas menuju Banyuwangi yang sejahtera.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Banyuwangi saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi HW dalam membina generasi muda melalui kegiatan kepanduan,” kata Sugirah.

Menurut dia, jiwa pejuang tanpa pamrih sebagaimana undang-undang pandu HW seperti yang telah dibacakan oleh petugas diharapkan bisa memberikan kemajuan yang bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Banyuwangi

“Perkemahan hari ini adalah awal pergerakan kepanduan di bawah Pimpinan Daerah Muhammadiyah. Mudah-mudahan ini akan bisa terus terlaksana sesuai dengan cita-cita Pandu HW,” terang beliau.

(Saiful A. Aziz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here