Perkuat Kaderisasi Pandu, Kwarda Hizbul Wathan Banjarmasin Adakan Diklat Dewan Sughli

0
66
Para Peserta Diklat Dewan Sughli Daerah Banjarmasin. Dok: Kwarda HW Banjarmasin

BANJARMASIN  – Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kwarda Kota Banjarmasin adakan Diklat Dewan Sughli Daerah Angkatan Ke-2 secara bersesi, yaitu sesi indoor dan sesi outdoor. Kegiatan indoor dilaksanakan pada tanggal 18-19 Desember 2021 di Kampus Terapung Universitas Muhammadiyah Banjarmasin sedangkan kegiatan outdoor dilaksanakan pada tanggal 24-26 Desember 2021 di SD Almira (SD Alam Muhammadiyah Martapura).

Kegiatan tersebut dibuka oleh sekretaris Kwartir Wilayah Gerakan kepanduan Hizbul Wathan (HW) Kalimantan Selatan, Ramanda Bahruddin. Dalam sambutannya ia memberikan apresiasi dukungan kepada Kwarda HW Banjarmasin dengan adanya kegiatan Diklat Dewan Sughli. Ia berharap para peserta dapat menjadi kader terdepan kemajuan Hizbul Wathan di Banjarmasin dan di Kalimantan Selatan.

Adapun materi dalam kegiatan Diklat Dewan Sughli Daerah Angkatan ke-2 ini disampaikan Ramanda Hairullah selaku ketua Kwarda Kota Banjarmasin yang menyampaikan terkait Sejarah HW di Indonesia dan di Kalimantan Selatan.

Materi dilanjutkan dengan  Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) oleh Ramanda Suhrawardi selaku Wakil Ketua Kwarda dan Ketua Majelis Pendidikan Kader PDM Kota Banjarmasin. Selanjutnya pada hari kedua materi yang disampaikan yaitu terkait Seragam dan Atribut yang disampaikan oleh Rakanda Ahmad Maulana Ahsan selaku kedua Bidang Diklat Kwarda HW Kota Banjarmasin, sedangkan materi Kedewan Sughlian dan materi survival skill disampaikan oleh Ramanda Hamdan Juwaeni selaku sekretaris Kwarda Hizbul Wathan Kota Banjarmasin.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi Outdoor diawali dengan longmarch dari batas kota Banjarbaru sampai di tempat kegiatan SD Alam Muhammadiyah Martapura yang berjarak kurang lebih 5 KM, dalam kegiatan outdoor peserta melakukan praktek berbagai keahlian kepanduan seperti pionering, membaca peta dan kompas, membuat bivak, manajemen perjalanan dan safari malam.

Acara Diklat ditutup dengan dikukuhkan peserta oleh Sekretaris Kwarda Kota Banjarmasin Ramanda hamdan Juwaeni sekaligus pelantikan taruna melati 1 dan penghasdukan.

Dalam sambutannya Sekretaris Kwarda HW Kota Banjarmasin mengingatkan tentang pentingnya Kader-kader HW yang militan untuk menghidupkan Hizbul Wathan di Banjarmasin dan Kalimantan Selatan, serta berharap untuk selalu solid dan tetap berjuang bersama menghidupkan Hizbul Wathan.

Kegiatan DIKLAT Dewan Sughli Daerah Angkatan Ke-2 ini diikuti oleh 23 peserta yang terdiri dari utusan siswa/siswi SMA / MA / dan SMK Muhammadiyah di Banjarmasin dan Utusan Kafilah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (*)

*Ramanda Hamdan Juwaeni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here