Silaturahim Hizbul Wathan Wujudkan Harmonisasi dan Sinergi Kepanduan

0
47
Forum Diskusi dan Silaturahim Hizbul Wathan se-Kabupaten Bogor.

BOGOR – Silaturahim atau hubungan persaudaraan sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Islam sebagai agama yang penuh dengan semangat silaturahim sangat menganjurkan karena manfaat lain, silaturhim itu sendiri bisa memperpanjang umur dan memperlancar rezeki.

Hizbul Wathan (HW) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bogor sebagai organisasi kepanduan terus mempererat silaturahim sebagai bentuk ukhuwah islamiyah lewat kegiatan forum diskusi dan silaturahim bersama Kepanduan Hizbul Wathan se- Kabupaten Bogor.

Kegiatan Forum Diskusi dan Silaturahim yang dikoordinatori oleh Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kafilah Penuntun AR Fahruddin STKIP Muhammadiyah Bogor dilaksanakan pada, Minggu (17/07/2022) dengan tema ‘Merajut Silaturahmi Wujudkan Hermonisasi Kepanduan yang Bersinergi’. Acara berlangsung secara luring di Aula Kampus 1 STKIP Muhammadiyah Bogor.

Forum Diskusi dan Silaturahim diselenggarakan melibatkan tiga narasumber berkompeten. Diantaranya materi pertama berkaitan dengan cara menjaga harmonisasi kepanduan sesuai aturan. Materi ini disampaikan Ramanda Asep Saepudin dari Kwartir Daerah Kabupaten Bogor.

Lewat paparan materinya, Ramanda Asep Saepudin menyampaikan mengenai dasar dari pijakan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan tak jauh dari tujuan Muhammadiyah.

Selanjutnya materi kedua mengenai meningkatkan ukhuwah Islamiyah yang disampaikan Ramanda Mad Rois selaku Sekretaris Qobilah Penuntun AR Fahruddin. Ia menyampaikan ada tiga jenis ukhuwah yaitu ukhuwah Islamiyah, ukhuwah Wathaniyah dan ukhuwah insaniyah.

Adapun narasumber terakhir adalah Ramanda Anharfi. Dalam paparannya Ramanda yang sudah Purna Dewan Sughli Daerah HW Kabupaten Bogor menyampaikan materi berkenaan dengan bagaimana cara memaksimalkan dan mengoptimalkan Pergerakan Kafilah sesuai dengan zaman.

“Cara memaksimalkan Kafilah Hizbul Wathan yakni dengan mendata para anggota, belajar hal baru bersama dan monitoring secara berkala,” paparnya.

Selama kegiatan diskusi dan silaturahim berlangsung berjalan dengan lancar dan peserta menyimaknya dengan sangat baik. Lewat kegiatan ini, Hizbul Wathan STKIP Muhammadiyah Bogor tidak terputus dan makin terjaga ukhuwah Islamiyahnya dengan gerakan kepanduan Hizbul Wathan se-kabupaten Bogor. (*)

*Kontributor: Ayunda Siti Latifah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here