Usaha Peningkatan Kapasitas, Hizbul Wathan Ikuti Pembinaan dan Penyadaran Dinas Pemuda

0
28
Pandu Hizbul Wathan mengikuti Pembinaan dan Penyadaran Pemuda Kabupaten Bogor.

BOGOR  – Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor meminta Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bogor mengirimkan para pemuda-pemudi yang terdiri dari Kwartir Daerah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kabupaten Bogor meliputi Dewan Sugli Daerah Kabupaten Bogor dan Kafilah AR Fachruddin STKIP Muhammadiyah Bogor, Tapak Suci Putera Muhammadiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Bogor serta Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Bogor, untuk mengikuti Pembinaan dan Penyadaran Pemuda Dalam Iman & Taqwa Angkatan Ke II Tahun 2022.

Pelatihan ini diadakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor, pada Rabu – Sabtu, (23-26/03/2022) bertempat di Hotel Bale Arimbi Megamendung, Puncak Bogor, Jawa Barat.

Pembinaan ini dilaksanakan selama empat hari dengan jumlah peserta 95 orang diikuti oleh beberapa ORMAS (Organisasi Masyarakat) Islam seperti, Muhammadiyah Kabupaten Bogor, Karang Taruna Kabupaten Bogor, Gerakan Pemuda Islam Kabupaten Bogor, Himpunan Mahasiswa Mathla’ul Anwar, GP Al-Washliyah, Serikat Pelajar Muslimin Indonesia, Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Bogor, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Bogor, Fokusmaker Kabupaten Bogor, Sapma Pemuda Pancasila, Ikatan Pelajar Mathla’ul Anwar, Tapak Suci Putera Muhammadiyah , Hizbul Wathan Kabupaten Bogor, HIMA PUI, dan Brigade Ihtisab PUI.

Diawali dengan pembukaan kegiatan pembinaan oleh Bapak Asnan, AP. Selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor.

Kabupaten Bogor mempunyai program besar untuk menjadikan Kabupaten Bogor menjadi Kabupaten termaju di Indonesia yaitu Program Pancakarsa. Adapun Program Pancakarsa ini terdapat lima program, yaitu Bogor Membangun, Bogor Cerdas, Bogor Sehat, Bogor Maju dan Bogor Berkeadaban

Sebagai upaya untuk merealisasikan Bogor Membangun dan Berkeadaban, Dinas Pemuda dan Olahraga mengadakan Pembinaan dan Pelatihan bagi Kepemudaan. Dengan mengusung tema “Membangun Karakter Pemuda Yang Beriman dan Bertaqwa Menuju Bogor Berkeadaban”.

“Semoga diadakan nya kegiatan pembinaan ini dapat melahirkan pemuda/i khususnya islam untuk membantu DISPORA dalam mewujudkan Bogor berkeadaban,” tegas Asnan, AP., dalam sambutannya.

Dilanjutkan dengan serangkaian kegiatan lainnya seperti penyampaian materi oleh beberapa narasumber yaitu, Dr.  D. Iwan Riswandi SE., M.Si. menyampaikan materi tentang Literasi Bermedia Sosial dalam Menyaring Informasi dalam Era Keterbukaan Informasi. Usep Supratman, SH. MH. menyampaikan materi tentang Karsa Beradab Sebagai Solusi Peningkatan Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama. Bapak Ahmad Dzikrom menyampaikan materi tentang Menggapai Sholat Khusyu. Ayahanda Muhamad Gofar, S.Ag., SH., M.M.

Ketua PDM Kabupaten Bogor juga memberikan materi tentang Pembangunan Pemuda Kabupaten Bogor dalam Meningkatkan Iman dan Taqwa.

Budi Rasia dari PDM Kabupaten Bogor menyampaikan materi tentang Toleransi Antar Umat Beragama. Kemudian di hari selanjutnya diisi dengan Praktek Sholat Jenazah atau biasa di sebut Pemulasaraan Jenazah oleh Siti Dzuriah, S.Pdi.

Kegiatan pelatihan ini berjalan dengan lancar, seluruh peserta memiliki kesan baik dengan mengikuti pembinaan ini. Salah satu peserta mengatakan bahwa kegiatan pembinaan ini banyak sekali ilmu yang didapat dan berharap setelah mengikuti pembinaan ini, khususnya para pemuda-pemudi Islam dapat meningkat sikap toleransi dan menjunjung tinggi nilai kesatuan serta kebersamaan terutama untuk mensyiarkan ajaran agama islam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here